fbpx

Ribuan Pemudik Pilih Jalur Laut

Puncak Arus Mudik Diprediksi H-2 Idul Fitri

MUDIK JALUR LAUT: Terlihat para pemudik bergantian naik ke KM. Lawit tujuan Sampit - Surabaya, pada Selasa (2/4/2024). FOTO: APRI

SAMPIT-Arus mudik H-8 Hari Raya Idul Fitri 2024 jalur laut terpantau semakin memadati Pelabuhan Sampit. Selasa (2/4/2024), KM Lawit milik Pelni tujuan Sampit-Surabaya yang akan berangkat pukul 11.00 WIB, telah mengangkut penumpang sebanyak 1.415 orang.

“Kedatangan KM. Lawit itu kemarin, dan untuk penumpang turunnya itu berjumlah 116 orang. Sedangkan untuk keberangkatannya KM. Lawit mengangkut sebanyak 1.415 orang,” kata Kepala Seksi (Kasi) Lalu Lintas Laut (Lala) KSOP Kelas III Sampit, Gusti Muchlis.

Menurutnya, jumlah penumpang yang akan berangkat pada hari ini, sudah sesuai dengan kapasitas kapal yang tersedia dan dispensasi yang diberikan oleh pihak kapal.

Lanjutnya, untuk update data keseluruhan penumpang yang turun di Pelabuhan Sampit H-8 ini berjumlah 593 orang. Sedangkan untuk arus mudiknya berjumlah 2.901 orang.

“Untuk 7 hari kedepan, masih ada sekitar 7 kapal yang akan melakukan pelayaran dengan tujuan Sampit-Surabaya dan Sampit-Semarang. Jadi untuk puncaknya arus mudik ini itu akan terjadi di H-2,” ungkapnya.

Sampai dengan saat ini, jelasnya, untuk jadwal keberangkatan kapal tidak ada keterlambatan, dan semuanya berangkat sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Untuk keterlambatan keberangkatan sampai saat ini tidak ada, dan untuk cuaca alhamdulillah terpantau masih aman karena kita disini juga dibantu dengan adanya Badan Meteorologi, Klimatologi, Dan Geofisika (BMKG),” pungkasnya. (pri/cen)

DMCA.com Protection Status