fbpx

Perlu Peraturan Kuat Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah

Perlu Peraturan Kuat
Anggota DPRD Kabupaten Katingan Toni Yosepta mengatakan jika pengelolaan keuangan yang baik harus dengan didasari ketentuan jelas dan efektif. Foto: IST

KASONGAN – Dalam mengatur pengelolaan keuangan dan anggaran daerah agar optimal, sangat dibutuhkan peraturan yang kuat. Namun dalam membuat aturan atau regulasi tersebut, harus memiliki fungsi yang kuat dan jelas. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Katingan Toni Yosepta.

Dia menuturkan, pengelolaan keuangan yang baik dengan didasari ketentuan jelas dan efektif memiliki peran sangat penting. “Sehingga nantinya, program pembangunan yang sudah disusun dan direncanakan dapat terarah dan dilakukan sesuai alur ketentuan yang ada,” ujarnya, baru-baru ini.

Menurutnya, penggunaan anggaran daerah saat ini sudah bertransformasi ke arah sistem pelaporan secara elektronik. Sehingga, seluruh Aparatur Sipil negara (ASN) khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan harus bekerja secara profesional. Selain itu, ASN juga dituntut agar mempunyai pengetahuan terhadap sistem pengelolaan keuangan.

“Maka melalui kerja sama di setiap sektor, akan mempunyai dampak yang besar dalam menerapkan dan memanfaatkan anggaran daerah. Semua itu dilakukan demi kepentingan pembangunan dan keberlangsungan roda pemerintah daerah,” imbuh Politisi Partai Golkar ini.

Toni juga menekankan, pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah dan legislatif dalam menjalankan skala prioritas pembangunan. Mulai dari tahapan perencanaan, legislasi, implementasi dan kontrol.

“Kamdi di Legislatif terus mendorong, agar pemerintah daerah mampu mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian atau WTP dari Badan Pemeriksaan RI Perwakilan Kalteng terkait pengelolaan keuangan. Sehingga, ketepatan penggunaan anggaran daerah terus dikoreksi dan dievaluasi demi perbaikan pembangunan daerah,” katanya. (ndi)

DMCA.com Protection Status