fbpx

Manfaatkan Bantuan Alsintan Sebaik Mungkin

Manfaatkan Bantuan Alsintan
Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Riming U. Idui mengucapkan selamat kepada para petani di wilayah Kecamatan Katingan Kuala yang telah mengadakan panen raya padi. Foto: IST

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Riming U. Idui mengucapkan selamat kepada para petani di wilayah Kecamatan Katingan Kuala yang telah mengadakan panen raya padi.

Kegiatan panen raya perdana di Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala dihadiri Penjabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si.

Menurut Riming, maksimalnya hasil panen dalam musim kali ini dan dalam beberapa tahun terakhir salah satu pendukungnya adalah alat mesin pertanian (Alsintan) modern.

“Peralatan ini bantuan dari pemerintah pusat kepada para petani di Kecamatan Katingan Kuala. Salah satunya adalah combine harvester,” ujarnya, baru-baru ini.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, jika dulu petani memanen padi dengan sabit yang membutuhkan waktu lama serta membutuhkan tenaga kerja banyak.

Tapi jika menggunakan combine harvester, bukan hanya efisien masalah waktu saja, tapi kuantitas dan kualitasnya pun lebih tinggi.

“Oleh karena itu, manfaatkanlah alsintan bantuan dari pemerintah pusat ini sebaik mungkin,” pesannya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan kepada petani yang menggunakan alsintan tersebut agar selalu merawat dan memeliharanya sebaik mungkin.

Hal ini mengingat, alsintan merupakan salah satu alat penunjang untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian terutama tanaman padi.

“Dengan meningkatnya hasil panen, tentu saja akan meningkatnya kesejahteraan dan perekonomian para petani. Gunakan secara bergiliran combine harvester tersebut dan jangan lupa dijaga serta dirawat. Sehingga, tidak cepat rusak dan lebih awet,” ucap anggota dewan asal Dapil Katingan II yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Kuala, Mendawai, Kamipang dan Tasik Payawan ini. (ndi)

DMCA.com Protection Status