fbpx

Waspada! Akun Palsu Bupati Kotim Kembali Berkeliaran di Medsos

AKUN HOAKS: Akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Kotim yang dilabel hoaks oleh Diskominfo Kotim. FOTO: IST

SAMPIT-Baru-baru ini masyarakat Kotawaringin Timur (Kotim) kembali diresahkan dengan adanya akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Kotim dengan modus memberikan bantuan secara daring atau online.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim, Marzuki, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP), Agus Pria Dany, mengatakan bahwa akun palsu tersebut beraksi di media sosial yakni Facebook.

“Sebelumnya, kasus ini juga pernah terjadi bahkan mengatasnamakan Bupati Kotim dan Wakil Bupati Kotim, namun akun tersebut sudah diblokir. Dan akun-akun palsu itu memang kebanyakan beraksinya di Facebook,” kata Agus, Minggu (24/3/2024).

Dirinya menjelaskan, oknum akun palsu tersebut selain mencatut nama Bupati Kotim, juga menggunakan foto profil Bupati Kotim beserta sampul foto Wakil Bupati Kotim.

Lanjutnya, pihak Diskominfo baru mengetahui kembali adanya akun palsu tersebut setelah adanya pengaduan dari masyarakat yang mendapatkan pesan atau messenger dari akun palsu itu.

“Ada konfirmasi dari masyarakat yang dihubungi. Masyarakat tersebut ditanyakan apakah disekitar rumah ada pembangunan masjid, musala atau pondok pesantren yang baru dibangun atau direnovasi,” ujarnya.

Untuk menghindari rusaknya citra Bupati Kotim, Diskominfo Kotim mengimbau kepada masyarakat yang mendapatkan pesan dari akun tersebut untuk mengabaikan dan melaporkan akun tersebut melalui layanan Kominfo di link https://layanan.kominfo.go.id/, di menu layanan aduan konten.

“Terkhusus untuk masyarakat yang menggunakan Handphone, agar selalu pintar dan bijak dalam menggunakan media sosial, jangan mudah percaya dengan akun yang mengatasnamakan pejabat. Untuk pengaduan semua akun hoaks bisa melalui link yang tertera atau bisa langsung ke Kantor Diskominfo Kotim,” pungkasnya. (pri/cen)

DMCA.com Protection Status