fbpx

Dua Kecamatan di Katingan Usulkan Berbagai Pembangunan dan Bantuan

Dua Kecamatan di Katingan
Anggota DPRD Katingan, Eterly selaku Juru Bicara Dapil II saat menyampaikan laporan hasil reses dalam rapat paripurna dewan, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Delapan desa dan dukuh di wilayah Kecamatan Kamipang dan tiga desa di Kecamatan Mendawai, menyampaikan berbagai usulan kepada anggota dewan yang melaksanakan reses di Daerah Pemilihan (Dapil) Katingan II.

Sama seperti di kecamatan lainnya, usulan didimonasi pembangunan infrastruktur, bidang perikanan dan pertanian.

Anggota DPRD Katingan, Eterly selaku Juru Bicara Dapil II mengatakan, usulan pertama di wilayah Kecamatan Kamipang adalah dari Desa Asem Kumbang. Antara lain, pengadaan alat tangkap ikan, pengadaan bibit ternak, bantuan untuk masjid dan TPA muslim.

“Diusulkan pula peningkatan ruas Jalan Hampalit-Baun Bango menuju Desa Asem Kumbang, perbaikan jalan desa dan bantuan semenisasi desa,” sebutnya.

Selanjutnya, untuk Desa Baun Bango dan Galinggang, diusulkan pembangunan Puskesmas rawat inap, penambahan tenaga perawat dan bidan, pengaspalan jalan dari Kantor Camat menuju arah Desa Baun Bango.

“Kemudian, usulan pembangunan tower bantu jaringan telekomunikasi, bantuan untuk masjid dan sarana ibadah dan bantuan untuk menunjang nelayan perikanan,” kata Eterly.

Untuk Dukuh Rangan Seha, diusulkan pengadaan alat tangkap perikanan dan bantuan untuk saran ibadah. Untuk Desa Tumbang Runen, diusulkan perbaikan jalan menuju desa tersebut dan bantuan untuk saran ibadah.

“Selanjutnya usulan Desa Jahanjang, pembangunan TK, rehab masjid, pengadaan bibit ternak dan lanjutan penimbunan jalan menuju desa tersebut,” jelas Politisi Partai NasDem ini.

Dia menuturkan, untuk Desa Talaga ada beberapa usulan. Antara lain pembangunan satu ruangan beserta pengadaan meubelair untuk SMP 1 Atap, penambahan tenaga kesehatan, pembangunan jalan dari Kereng Pakahi menuju Desa Talaga, bantuan untuk karang taruna, bantuan untuk RKM, bantuan untuk komunitas musik. Kemudian, usulan pembangunan TK, sekolah PAUD dan bantuan alat tangkap ikan.

“Untuk Desa Tampelas, diusulkan penambahan tenaga kesehatan dan guru agama. Usulan Desa Keruing, bantuan alat tangkap ikan serta lanjutan penimbunan jalan menuju desa tersebut,” ucapnya.

Sementara di wilayah Kecamatan mendawai, untuk Desa Mendawai diusulkan perbaikan jalan lingkungan, pengadaan mobil ambulans, penambahan guru SD, rehab jalan usaha tani serta pembersihan saluran irigasi.

“Selanjutnya Desa Tugu Tani, usulannya peningkatan jalan dari Mendawai menuju desa tersebut, bantuan alat dan bibit pertanian. Terakhir untuk Desa Muara Bulan, diusulkan bantuan alat tangkap ikan, penambahan tenaga guru dan tenaga kesehatan,” ujar Eterly. (ndi)

DMCA.com Protection Status