fbpx

Pembangunan Kantor Kecamatan Marikit Harus Tepat Waktu

Pembangunan Kantor Kecamatan
Anggota DPRD Katingan, Gimmak Bulinga, S.Sos menyampaikan Laporan Hasil Reses Dapil III Jalur Sungai Katingan, baru-baru ini. Foto: IST

KASONGAN – Dalam kunjungan reses yang dilaksanakan anggota DPRD Katingan, sejumlah usulan di bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan disampaikan masyarakat Kecamatan Marikit dan Bukit Raya yang masuk dalam Daerah Pemilihan (Dapil) Katingan III Jalur Sungai Katingan.

Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Katingan, Gimmak Bulinga, S.Sos dalam Laporan Hasil Reses tang disampaikan pada rapat paripurna dewan, baru-baru ini.

Menurut Gimmak selaku Juru Bicara Dapil III Jalur Sungai Katingan, untuk wilayah Kecamatan Marikit pihaknya memberikan saran kepada dinas terkait agar pembangunan kantor kecamatan harus selesai tepat waktu.

“Ini mengingat, kondisi gedung kantor yang ada saat ini sudah memprihatinkan,” kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Diusulkan pembangunan mes Kecamatan Marikit dengan volume tIga kapel bertingkat. Nantinya, lantai II dipergunakan untuk penginapan dan pelayanan kepada tamu.

“Kemudian di lantai bawah, bisa disewakan kepada masyarakat untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD Kecamatan Marikit. Oleh karena itu, dibutuhkan dana sekitar Rp. 500 Juta untuk pembangunannya,” imbuhnya.

Selanjutnya, juga diusulkan pembangunan Pos Damkar di Kecamatan marikit dan memerlukan anggaran sekitar Rp. 300 Juta. Selain itu, ada juga usulan pengaspalan dan peningkatan Jalan Tumbang Hiran serta peningkatan kapasitas PLN.

“Masyarakat mengusulkan bantuan hibah untuk masjid di Tumbang Hiran, peningkatan jalan tembus Desa Rangan Tangko-Tumbang Labaning serta pembangunan kantor Desa Tumbang beban,” sebut Gimmak.

Dia menyampaikan, bahwa untuk wilayah Kecamatan Bukit Raya ada tiga desa yang menyampaikan usulan terkait pembangunan. Yakni, usulan rehab Pustu Desa Tumbang Dahuei, penataan dan peningkatan jalan dalam Kota Tumbang Kajamei.

“Kemudian untuk Desa Tumbang Kaburai, diusulkan rehab bangunan SDN dan rumah dinas guru, peningkatan listrik Desa dan pembangunan balai pertemuan desa,” sebut Gimmak. (ndi)

DMCA.com Protection Status