fbpx

Lima Kecamatan Meriahkan FKBAT Katingan Tahun 2023

FKBAT
Sekda Kabupaten Katingan, Pransang, S.Sos saat membuka Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela Tahun 2023 di Lapangan Sport Center Kasongan, Rabu (15/11/2023). Foto: Suandi

KASONGAN – 274 peserta dati tingkat SMP dan SMA mengikuti Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela (FKBAT) Kabupaten Katingan Tahun 2023 di Lapangan Sport Center Kasongan, Rabu (15/11/2023) sore.

Selama dua hari sejak 15-16 Nopember 2023, sejumlah cabang yang akan diperlombakan. Yakni terompah panjang, melukis tradisional, mangaruhi dan egrang.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan, Pransang, S.Sos didampingi Kepala Disbuporapar Katingan, Drs. Risnaduar dan beberapa kepala OPD.

Hadir pula kala itu, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Katingan, sejumlah Camat dan perwakilan dari dari OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan.

Penjabat (Pj) Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekda mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas keikutsertaan serta kehadiran para peserta yang terdidi dari siswa SMP dan SMA atau SMK.

“Para peserta ini, berasal dari Kecamatan Kamipang, Tasik Payawan, Katingan Hilir, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan,” sebutnya.

Dia juga menyambut baik dan mendukung sepenuhnya prakarsa dilaksanakannya Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela (FKBAT) Tahun 2023.

“Semoga pelaksanaanya berjalan lancar, sukses dan berkualitas serta bermanfaat bagi pelestarian kebudayaan daerah khususnya Kabupaten Katingan dan Provinsi Kalimantan Tengah secara umum,” tuturnya.

Pransang mengatakan, jika Kabupaten Katingan merupakan sebuah daerah otonomi baru yang saat ini sedang berkembang. Baik dari segi pemerintahan, ekonomi maupun hal-hal lain yang dapat dijadikan tolak ukur.

“Maka dari itu, perlu suatu kajian khusus yang dapat berimplementasi sebagai sebuah karya besar sehingga daerah kita memiliki sebuah ikon dari segi kebudayaan,” imbuhnya.

Menurut Sekda, banyak hal yang sebenarnya dapat digali dengan kemampuan sumber daya manusia yang memadai. Kabupaten Katingan memiliki kearifan lokal yang begitu banyak jika dimanfaatkan dengan baik.

“Mulai dari seni, Bahasa, permainan-permainan rakyat, olahraga tradisional, pengetahuan tradisional dan adat istiadat yang merupakan karakter daerah,” ujarnya.

Sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya sendiri, maka generasi muda terutama siswa siswi SMA/SMK dan SMP di wilayah Kabupaten Katingan harus diberikan motivasi serta spirit.

“Terutama, agar mereka selalu berkarya mengembangkan dan melestarikan nilai-bilai budaya lokal melalui Festival Kreativitas Budaya Anak Tabela Kabupaten Katingan Tahun 2023 ini,” ucapnya. (ndi)

BACA JUGA: Seluruh Pegawai di Gunung Mas Wajib Miliki Jamsostek

BACA JUGA: Warga Diingatkan Jangan Sembarangan Sebar Konten Medsos

DMCA.com Protection Status