fbpx

Masyarakat Kapuas Tengah Pertanyakan Kelanjutan Pembangunan BTS

Pembangunan
AUDIENSI: Kunjungan sekaligus audiensi dengan BAKTI Kementerian Kominfo di Jakarta, baru-baru tadi. Foto: Hmskmf Kapuas

KUALA KAPUAS – Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kapuas, Hartoni U. Sawang didampingi Camat Kapuas Tengah, Mises, untuk mengetahui progres kelanjutan pembangunan beberapa Base Transceiver Station (BTS) di wilayah Kecamatan Kapuas Tengah.

 

Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas melakukan inisiatif kunjungan sekaligus audiensi dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Kominfo di Jakarta.

 

Selain itu juga dalam rangka memfasilitasi keinginan warga Desa Buhut Jaya dan Desa Barunang, Kecamatan Kapuas Tengah untuk melakukan audiensi secara langsung dengan BAKTI terkait kelanjutan pembangunan BTS.

 

Hasil dari pertemuan tersebut terkuak beberapa hal krusial yang menjadi kendala proses pembangunan BTS di Kecamatan Kapuas Tengah dan Kabupaten Kapuas pada umumnya. Salah satunya adalah terkait status Kabupaten Kapuas yang dalam data BAKTI Kementerian Kominfo adalah bukan termasuk dalam wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar).

 

Sebagai tindak lanjut dan solusi hasil pertemuan tersebut, maka dari Badan Aksesibilitas dan Informatika (BAKTI) menyarankan kembali agar kadis kominfo Kapuas beserta camat dan kepala desa, melakukan kunjungan kembali ke Ditjen PPI Kementerian Kominfo untuk menyampaikan permohonan kembali pembangunan BTS di wilayah Kabupaten Kapuas. Dimana masih ada beberapa desa yang belum tersentuh jaringan internet (Blank Spot).

 

Hartoni U. Sawang mengatakan tetap mengutamakan persyaratan yang telah disampaikan oleh pihak BAKTI terkait dengan wilayah 3T untuk menyampaikan usulan progres ke Ditjen PPI Kementerian Kominfo.

 

“Kita tetap mengutamakan persyaratan yang telah disampaikan oleh pihak BAKTI terkait dengan wilayah 3T, untuk menyampaikan usulan progres ke Ditjen PPI Kementerian Kominfo,” ujarnya.

 

Sementara Camat Kapuas Tengah, Mises serta Kepala Desa Buhut Jaya dan Barunang mengapresiasi langkah Diskominfo Kapuas yang berinisiatif memfasilitasi dan membuka akses langsung untuk melakukan audiensi dengan BAKTI Kementerian Kominfo di Jakarta terkait kelanjutan pembangunan BTS di wilayah mereka.

 

“Kami jajaran Pemerintahan Kecamatan Kapuas Tengah dan Pemerintah Desa Buhut Jaya, Desa Barunang sangat berharap kepada Kementerian Kominfo untuk kembali melaksanakan program pendirian BTS/menara telekomunikasi di wilayah hulu Kecamatan Kapuas Tengah yang masih blank spot, sehingga dengan adanya program tersebut dapat membantu melancarkan komunikasi. Karena komunikasi sekarang merupakan kebutuhan primer bukan sekunder lagi karena dibutuhkan semua orang,” jelas Mises.

 

Dirinya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas yang sudah memfasilitasi untuk bertandang ke Kementerian Kominfo, sehingga dapat mengetahui secara pasti proses pembangunan untuk Menara BTS di wilayah non 3 T maupun yang 3 T.

 

Sebagai tindak lanjut audiensi tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas beserta 8 Camat merencanakan akan jemput bola melakukan kunjungan kembali ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) yang khusus menangani pembangunan infrastruktur Pos dan Informatika, yang termasuk di dalamnya pembangunan BTS di wilayah 3T maupun non 3T. (hmskmf/ung/cen)

BACA JUGA: Napi Lapas Digeledah, Barang Terlarang Disita

BACA JUGA: Persiapkan MTQH Hampir Rampung

BACA JUGA: Harapkan Perbanyak Program Pemberdayaan Masyarakat

DMCA.com Protection Status