fbpx

1 Babi Putih dan 3 Ayam Beda Warna untuk Penguasa Gaib di Jembatan Bukit Rawi

jembatan bukit rawi
Ritual adat yang digelar di Jembatan Bukit Rawi, Desa Penda Berania, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulpis, Jumat (16/09/2022). Foto:Ist

PALANGKA RAYA – Demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan, masyarakat melakukan ritual adat di Jembatan Bukit Rawi, Desa Penda Berania, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Jumat (16/09/2022).

Ritual adat dengan mengurbankan seekor babi dan tiga ayam beda warna ini dilaksanakan untuk meminta kepada penguasa gaib wilayah tersebut, agar masyarakat mendapatkan keselamatan dan dihindarkan dari musibah.

Ritual adat ini diikuti oleh Camat Kahayan Tengah, Siswo, Damang setempat Adrian serta pemangku adat setempat.

Kepala Desa Bukit Rawi, Kilat, menyatakan dengan ritual adat yang ada ini, ia berharap masyarakat yang melintas mendapat keselamatan dan kelancaran serta tak mendapat musibah dijembatan ini.

“Kita menjalankan ritual adat ini untuk menginginkan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” katanya.

Sementara Pemangku Adat, Adrian, mengaku mereka telah berkomunikasi dengan dimensi lain (gaib), Rabu (14/9/2022). Mereka melakukan komunikasi dengan penguasa daerah ini.

“Kita diberi petunjuk dengan meminta hewan kurban berupa babi putih, dengan ayam tiga macam warna (putih, merah dan hitam). Sesuai janji kita sehingga kita minta siapa saja yang melalui jembatan ini tidak mendapatkan celaka dan bahaya,” ungkapnya.

Menurutnya, ini merupakan ritual meminta jalan ke penguasa disini karena menurut merek jembatan yang dibangun melintangi jalan gaib mereka.

“Kita membuat tanda bendera kuning untuk jalan mereka agar tak menganggu jalan kita. Untuk masyarakat saya meminta sesuai dengan aturan di jembatan, kurangi kecepatan dan konsentrasi ketika melintas,” tandasnya. (rdo/cen)

DMCA.com Protection Status