fbpx

Pemulihan Ekonomi Melalui Program Padat Karya dan UMKM

Pemulihan Ekonomi
Bupati Murung Raya Drs Perdie M Yoseph MA bersama Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat mengikuti Upacara Hari Jadi Kabupaten Murung Raya, beberapa waktu lalu. Foto: Yudi

PURUK CAHU – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Murung Raya (Mura) memasuki, periode triwulan ketiga di tahun anggaran 2022 terus berupaya maksimal, dalam upaya memulihkan kondisi perekonomian masyarakat ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Bupati Murung Raya Drs Perdie M Yoseph MA melalui Asisten I Serampang S Sos yang didampingi Kepala Baplitbangda Pahala Budiawan usai mengikuti rakor pemulihan ekonomi mengatakan, bahwa dari hasil kegiatan itu, pemerintah daerah akan meningkatkan koordinasi dengan seluruh pihak dalam hal rencana pembangunan ditahun anggaran akan datang.

Tujuannya, untuk mencapai target pembangunan dan pemulihan ekonomi masyarakat ditengah upaya pemerintah dalam menanggulangi dampak Covid-19 saat ini.

“Dari yang disampaikan tadi, potensi refocusing anggaran kemungkinan dapat terjadi, melihat kondisi pandemi saat ini. Namun seperti yang sudah berjalan saat ini pembangunan daerah akan tetap berjalan walaupun dengan porsi yang sudah di refocusing,” kata Serampang, Kamis (15/9/2022).

Dia juga menyampaikan, bahwa fokus kedepan adalah pemulihan ekonomi masyarakat, pihak ya akan fokus kepada program padat karya dan pemberdayaan UMKM.

“Dua program ini akan diupayakan untuk bisa di lakukan kedepan, tentunya dengan melakukan koordinasi dan konsultasi terlebih dahulu. Besar harapan kita, pemulihan ekonomi akan bisa terealisasi,” ujar mantan Kepala Inspektorat Mura ini lagi.

Selain itu, yang terpenting lagi kedepan untuk suksesnya pembangunan saat ini adalah melakukan pemetaan masalah dan potensinya. Itu agar perencanaan pembangunan matang dan terlaksana.

“Penganggaran yang efektif dan efisien serta akuntabel tentunya akan lebih maksimal dipergunakan dalam kondisi saat ini,” tuturnya.

Saat ini juga selain upaya tersebut, pemerintah daerah juga terus mendorong percepatan vaksinasi bagi seluruh masyarakat serta memperkuat kegiatan testing, tracking dan treatment untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Mura.

“Percepatan vaksinasi ini juga sangat penting dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat, agar pandemi saat ini bisa segera dilewati dan berakhir. Sehingga perekonomian dan pembangunan di wilayah kita bisa kembali berjalan normal dan meningkat,” pungkasnya. (udi/abe)

DMCA.com Protection Status