fbpx

Forum Anak sebagai Wadah Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

forum anak
Bupati Murung Raya, Drs Perdie M Yoseph MA tampak sangat dekat dengan anak-anak. foto:dok.yudi.

PURUK CAHU – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) membangun Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) dan mengukuhkan pengurus Forum Anak Daerah Murung Raya (Fanmura), sebagai bentuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui perhatian dan kepedulian pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang mempunyai potensi serta kualitas di masa depan.

Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Hermon Msi, mengatakan dibentuknya pengurus Fanmura periode 2021-2023 dan Puspaga ini merupakan wadah pemenuhan hak, perlindungan, aspirasi, partisipasi dan pengembangan kreativitas anak.

“Forum ini kita harapkan nantinya dapat berjalan sebagai pelopor pemenuhan hak dan perlindungan anak di Murung Raya,” kata Hermon saat dibincangi wartawan diruang kerjanya, Selasa (26/10/2021).

Selain itu, menurutnya usai dibentuk segera untuk mengintensifkan sosialisasi di masyarakat, khususnya di lingkungan dunia pendidikan serta keluarga.

“sebagai lembaga terkecil dimasyarakat peran keluarga terutama orangtua perlu diperkuat sinergitasnya bersama pemerintah, guna mengatasi permasalah keluarga yang bisa berdampak negatif bagi perkembangan anak,” terangnya.

Puspaga ini tambahnya, juga berfungsi sebagai one stop service atau layanan satu pintu keluarga berbasis hak anak yaitu meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak serta terciptanya rujukan pengasuhan, pendidikan dan kesehatan,” imbuh Sekda Mura.

Sementara, dengan adanya forum anak bisa menjadi organisasi atau lembaga sosial yang digunakan sebagai wadah partisipasi bagi anak yang belum berusia 18 tahun dan anggotanya merupakan perwakilan dari kelompok kegiatan anak yang dikelola oleh anak-anak dan dibina oleh pemerintah sebagai media untuk mendengar dan memenuhi aspirasi , suara, pendapat, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan.

“Saya perlu menekankan bahwa forum anak sebagai wahana mewujudkan pemenuhan hak, aspirasi, fasilitasi partisipasi dan pengembangan kreatifitas anak serta sebagai pelopor pemenuhan hak dan perlindungan anak di Murung Raya,” tutupnya. (udi/cen)

DMCA.com Protection Status