fbpx

Kebakaran di Pemukiman Jalan Mendawai Hanguskan Puluhan Bangunan

Kebakaran di Pemukiman Jalan Mendawai Hanguskan Puluhan Bangunan
PEMADAMAN: Petugas Damkar bersama instansi lainnya dan warga melakukan pemadaman kebakaran yang terjadi di Jalan Mendawai, Kota Palangka Raya, Minggu (25/7/2021). (FOTO: IST).

PALANGKA RAYA – Kebakaran hebat yang terjadi di kompleks pemukiman warga Jalan Mendawai, RT.07/RW.VII, Kota Palangka Raya menghanguskan puluhan unit bangunan rumah dan barak warga, Minggu (25/7/2021).

Peristiwa kebakan tersebut terjadi sekitar Pukul 02.50 WIB dini hari dan mebuat panik ratusan warga sempat. Terlebih saat kejadian, sebagian besar masyarakat sedang beristirahat dan terlelap tidur.

Rusdi salah satu warga yang saat itu berada di lokasi kejadian mengungkapkan, saat melintas di kawasan tersebut melihat kobaran api sudah cukup besar dan menghanguskan sejumlah rumah di Jalan Mendawai. Karena konstruksi bangunan rumah dan barak di kawasan tersebut kebanyakan terbuat dari kayu, api dengan cepat merembet ke perumahan lainnya dan semakin meluas.

“Waktu saya lewat, sudah ada beberapa rumah yang terbakar” jelas Rusdi.

Terkait peristiwa kebakaran ini, Yulieter komandan regu Damkar Kota Palangka Raya mengatakan bahwa setelah menerima informasi kejadian, pihaknya langsung menerjunkan tim dan armada pemadam.

“Petugas kami dibantu personel dari TNI dan Polri, serta pemadam swakarsa dan masyarakat untuk melakukan pemadaman. Api baru berhasil dipadamkan sekitar Pukul 05.00 WIB” jelasnya.

Mengenai dugaan awal sumber api yang menyebabkan kebakaran, dikatakan Yulieter bahwa informasi yang didapat pihaknya ialah dari korsleting arus listrik. Namun, hal tersebut menurutnya belum dapat dipastikan karena masih menunggu hasil pemeriksaan dari petugas kepolisian.

Untuk luas daerah yang terbakar dalam peristiwa ini, dikatakannya ialah sekitar 60 x 100 meter persegi. Bangunan yang terbakar rata-rata rumah dan barak yang terbuat dari kayu.

“Untuk kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar” pungkasnya. (jun/bud)

DMCA.com Protection Status