fbpx

Tingkatkan Pariwisata Berbasis Seni dan Budaya Lokal

pariwisata
Wakil Ketua II DPRD Seruyan M. Aswin.

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya agar bisa meningkatkan daya saing sektor pariwisata yang berbasis seni dan budaya lokal.

Wakil Ketua II DPRD Seruyan M. Aswin mengungkapkan, di Kabupaten Seruyan sendiri sejatinya masih banyak kesenian ataupun budaya lokal dan sejenisnya yang mempunyai nilai jual serta potensi pada sektor pariwisata.

“Banyak di Seruyan ini, salah satu contohnya adalah Meriam Pengantin yang ada di Danau Sembuluh. Mungkin ini lebih ke arah peninggalan sejarah, tapi tidak masalah. Itu kalau dikelola secara baik, maka bisa dijadikan sebagai sasaran objek dalam pengembangan sektor pariwisata,” katanya baru baru ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pengembangan sektor pariwisata yang berbasis seni dan budaya lokal ini bertujuan tidak lain dan tidak bukan adalah dalam rangka pelestarian budaya dan kesenian lokal agar tidak terkikis oleh kemajuan zaman.

Disamping itu, jika memang strategi tersebut bisa sukses, tentunya dapat menjadi sumber pemasukan bagi daerah maupun desa yang nantinya pengelolaan sektor pariwisata seni dan kebudayaan daerah tersebut.

“Khususnya untuk di daerah atas, itu memang masih sangat banyak kesenian dan budaya lokal yang sering kita jumpai mulai dari tarian dan lain sebagainya. Ini tetap harus kita lestarikan,” pungkasnya. (yad)

DMCA.com Protection Status