fbpx

Pemda Gumas Mesti Berikan Peluang Usaha bagi Masyarakat Lokal

Pemda Gumas
Anggota DPRD Gunung Mas, Espriadi saat mengikuti rapat paripurna. Foto: Sepanya

KUALA KURUN – Pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) sangat lah penting. Karena itu, Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengharapkan, kepada pemerintah daerah (Pemda) setempat agar memberikan peluang usaha bagi pelaku UKM. Sehingga, potensi sumber daya alam (SDA) yang ada bisa terserap dan diberdayakan untuk kemajuan.

“Perlu ada pembinaan bagi pelaku usaha atau UMKM kita. Sehingga peluang usahan bagi masyarakat kita bisa dan dapat terserap dan diberdayakan. Hal ini lah yang dapat membantu meringankan beban serta membuka peluang usaha masyarakat lokal,” ucap Anggota DPRD Gumas Espriadi, Senin (8/7/2024).

Politisi dari partai Perindo ini menilai, misalnya seperti Sumber Daya Manusia (SDM) juga perlu dikembangkan bagi daerah, sehingga SDA juga dapat terserap. Maka dari itu, para pengusaha bisa memberikan kontribusi bagi daerah.

“Sangat penting menurut kami untuk masyarakat perlu pengembangan SDM mereka, sehingga dengan sendirinya SDA yang ada dapat dimanfaatkan,” ujarnya.

Sambung legislator dari dapil-II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Manuhing, Manuhing Raya dan Rungan Barat ini menuturkan, peningkatan SDM bagi pelaku industri kecil tersebut sangatlah penting, mengingat SDA di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini sangatlah banyak. Seperti bidang kuliner kerajinan tangan dan lainnya.

“Banyak sekali SDA kita, namun belum terserap secara menyeluruh, seperti dibidang kerajinan dan kuliner kita, belum ada yang secara khusus. Maka, kalau bisa itu sangat baik dikembangkan lagi dan menjadi pendapatan juga bagi daerah,” pungkas Espriadi. (nya/abe)

DMCA.com Protection Status