fbpx

Dewan Katingan Imbau Aktifkan Poskamling Guna Antisipasi Kejahatan

Dewan Katingan
Anggota DPRD Kabupaten Katingan Sugianto, SH mengimbau agar mengaktifkan kembali Poskamling guna mengantisipasi terjadinya berbagai tindak kriminal. Foto: IST

KASONGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Sugianto, SH mengimbau, kepada masyarakat agar mengaktifkan kembali melakukan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling). Hal tersebut dianggap penting guna mengantisipasi terjadinya berbagai tindak kriminal, salah satunya pencurian.

Menurut Sugianto, tindak pidana, seperti pencurian tentu sangat merugikan dan meresahkan masyarakat. Untuk itu lah, dia mengimbau, kepada masyarakat agar mengaktifkan kembali Poskamling.

“Dengan adanya Poskamling, paling tidak akan membuat orang merasa takut untuk melakukan tindak kejahatan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, untuk petugas ronda Poskamling bisa dilakukan secara bergantian setiap malamnya.

“Misalnya, lima orang setiap malam. Sementara waktunya antara Pukul 23.00 WIB hingga Pukul 04.00 dini hari. Sehingga, cara ini berdampak positif pula keamanan terhadap lingkungan,” tuturnya.

Selain itu, salah satu dampak lainnya adalah masing-masing warga dapat lebih mengenal identitas dan tempat tinggalnya warga lainnya. Bahkan, ketika ada orang asing pun yang baru dikenal atau bermukim di wilayah tersebut, nantinya dapat diketahui.

“Ditambah lagi, Poskamling ini juga dapat kita jadikan sebagai ajang silaturahmi antar warga setempat,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sugianto juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing-masing.

Dia mengimbau, jika warga ada mengetahui atau melihat terjadinya tindak pidana, segera laporkan kepada pihak yang berwajib.

“Dengan cepatnya laporan yang masuk, sehingga diharapkan bisa serega ditindaklanjuti oleh petugas,” kata anggota dewan asal Daerah Pemilihan Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini. (ndi)

DMCA.com Protection Status