fbpx

Dua Kali “Si Jago Merah” Mengamuk di Katingan

Empat Rumah dan Bangunan Sarang Burung Walet Hangus Terbakar

katingan
Tampak api menghanguskan sebuah rumah di Jalan Tjilik Riwut RT. 11/RW. 03, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Minggu (23/06/2024) dini hari.FOTO: IST

KASONGAN – Kebakaran menghanguskan sebuah rumah berkonstruksi kayu di Jalan Tjilik Riwut RT. 11/RW. 03, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Minggu (23/06/2024) dini hari. Dipastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, bangunan yang terbakar tersebut ditempati oleh Ujak. Saat kejadian, dia sedang berada di rumah. Akibat hembusan angin yang cukup kencang, “si jago merah” dengan cepat membesar dan melahap seluruh bangunan. Tidak banyak barang-barang milik korban yang berhasil diselamatkan.

Lantaran kejadiannya sudah memasuki dini hari, sehingga tidak banyak warga yang mengetahuinya. Saat api sudah membesar, barulah kejadian itu menghebohkan masyarakat serta pengendara yang kebetulan melintas di Jalan Tjilik Riwut sebelum Jembatan Sei Katingan

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Katunen dan Kereng Humbang langsung menuju ke lokasi kejadian, setelah menerima laporan. Ada pula unit Pemadam Swakarsa. Dibantu warga, petugas berusaha memadamkan api hingga akhirnya tidak sampai merambat ke bangunan lain yang ada di sekitarnya.

Menurut Lurah Kasongan Lama, Sugi Hartato, dari keterangan yang diperoleh dari pihak RT setempat, bahwa saat kejadian penghuni rumah yang terbakar sedang makan.

“Dari keterangan yang bersangkutan (Ujak, red), diduga api berasal dari charger atau cas HP. Kejadian mulai sekitar pada pukul 23.35 WIB. Kejadian ini menyebabkan 1 rumah yang terbakar,” jelasnya.

Pada Minggu (23/06/2024) pagi, Lurah Kasongan Lama bersama dengan Ketua PKK, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Relawan BKC Kelurahan Kasongan Lama menyerahkan bantuan sembako serta peralatan masak kepada korban kebakaran.

Sebelumnya pada Jumat (21/06/2024) sekitar pukul 14.19 WIB, juga terjadi kebakaran di Desa Tewang Kadamba, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan. Kejadian ini menghanguskan tiga rumah warga dan satu bangunan sarang burung walet.

Kepala Bidang Damkar Kabupaten Katingan, Yoshua Paskaputra mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui.

“Rumah dan bangunan walet yang terbakar adalah milik Yeno atau Bapak Namah, Suwaji atau Bapak Dina, Hanselman Tahan dan Yanto yang sempat terbakar bagian dinding dapurnya,” jelasnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status