fbpx

Masyarakat Katingan Mesti Dilibatkan Dalam Pembangunan Perdesaan

Masyarakat Katingan
Anggota DPRD Kabupaten Katingan Esenhover, A.Md mendukung upaya pemerintah daerah untuk memberdayakan masyarakat dalam kegiatan maupun program pembangunan di desa. Foto: IST

KASONGAN – Pihak DPRD Kabupaten Katingan meminta, agar dalam pelaksanaan kegiatan atau program pembangunan di tingkat desa dapat memberdayakan masyarakat setempat. Karena dengan dilibatkannya warga sekitar untuk melaksanakan kegiatan maupun pembangunan tersebut di daerahnya, secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan Esenhover, A.Md mengaku, sangat mendukung upaya pemberdayaan masyarakat di wilayah perdesaan yang digaungkan pemerintah daerah.

“Dengan adanya pemberdayaan masyarakat setempat, diharapkan perekonomi masyarakat desa juga bisa lebih baik lagi,” katanya kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Meski demikian, dia juga mengingatkan agar pelaksanaan pekerjaan maupun kegiatan itu nantinya mesti sesuai dengan apa yang telah direncanakan serta jangan sampai melenceng. Ini dimaksudkan, agar bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti masalah hukum.

“Ini penting untuk diperhatikan, jangan sampai nantinya malah ada yang tersangkut hukum gara-gara pekerjaan yang dilaksanakan tidak sesuai atau karena sebab lainnya,” tegasnya.

Esenhover menuturkan, dengan dilibatkannya masyarakat dalam melaksanakan kegiatan di desa, juga akan membantu mereka yang belum memiliki pekerjaan.

“Jadi ini sangat bagus. Jika ada orang-orang desa kita yang bisa dilibatkan dalam pekerjaan, untuk apa harus mencari orang dari luar karena ini dalam rangka membantu masyarakat kita,” ucapnya.

Politisi Partai Hanura ini berharap, agar perangkat desa bisa lebih memperhatikan hal tersebut. Sehingga, kesejahteraan masyarakat juga bisa lebih baik.

“Tidak kalah pentingnya lagi, dalam membuat program atau kegiatan juga harus menyentuh untuk kepentingan masyarakat desa. Jangan sampai membuat program, tapi tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak. Ini juga akan sia-sia,” imbuhnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status