fbpx

Banjir Melanda Tiga Kabupaten, Ribuan Jiwa Terdampak

banjir
Kepala BPB-PK Kalteng, Ahmad Toyib.FOTO: IFA

PALANGKA RAYA – Tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) masih dilanda banjir parah yang mengakibatkan dampak yang signifikan bagi ribuan penduduk serta infrastruktur di daerah tersebut.

Menurut data terbaru dari Pusat Data Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) per tanggal 16 Juni 2024, kabupaten yang terdampak meliputi Seruyan, Kotawaringin Barat, dan Katingan dengan total 24.262 jiwa, 206 fasilitas umum dan 4.437 bangunan rumah.

Di Kabupaten Katingan, banjir telah merendam 4 kecamatan dan 25 kelurahan/desa dengan ketinggian air mencapai 100 cm. Total dampak mencakup 11.887 jiwa, 54 fasilitas umum, dan 1.632 bangunan rumah. Kondisi ini membuat warga setempat terpaksa mengungsi, dengan jumlah pengungsi mencapai sembilan jiwa di beberapa titik.

Sementara itu, di Kabupaten Kotawaringin Barat. Ketinggian air yang mencapai 100 cm telah mengakibatkan dampak terhadap 2.112 jiwa, serta merusak 3 unit fasilitas umum dan 437 unit bangunan rumah.

Kabupaten Seruyan juga mengalami kondisi yang serupa, dengan 9 kecamatan dan 45 desa yang terendam banjir. Total 10.263 jiwa harus menghadapi kesulitan akibat bencana ini, sementara 146 fasilitas umum dan 2.386 bangunan rumah juga terdampak serius. Mayoritas pengungsi tercatat berasal dari Kabupaten Seruyan, dengan jumlah mencapai 103 jiwa, menunjukkan tingkat keparahan banjir di wilayah tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) Kalteng, Ahmad Toyib, menegaskan bahwa upaya penanganan dan bantuan terhadap korban banjir sedang dilakukan secara intensif.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan bantuan dan memastikan keamanan serta kesejahteraan para pengungsi dan masyarakat yang terdampak,” ungkapnya.

Terhimpun dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalteng, prakiraan cuaca hari ini (18/6/24), wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang terjadi di seluruh wilayah Kalteng.

Disisi lain, prakiraan esok hari (19/6/24) wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang terjadi di Kabupaten Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur dan Barito Selatan. (ifa/cen)

DMCA.com Protection Status