fbpx

Tim Satgas Pangan Palangka Raya Sidak Jelang Iduladha

Tim Satgas Pangan
Pj Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Achmad Zaini saat melakukan inspeksi mendadak terkait harga cabai di Pasar Besar, kemarin. Foto: IST

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Tim Satgas Pangan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar. Sidak yang dipimpin langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Achmad Zaini tujuannya, untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga jelang Iduladha.

“Berdasarkan hasil peninjauan kami di lapangan, harga pada sejumlah bahan pokok masih dalam kondisi normal,” kata Zaini.

Normalnya harga itu seperti beras, daging ayam, telur ayam, gula, cabai, bawang merah dan bawang putih. Hanya minyak goreng sedikit mengalami kenaikan dan masih diambang wajar.

Bersamaan itu juga, Zaini mengingatkan, para pedagang untuk tidak menaikkan harga secara tidak wajar dan memastikan ketersediaan barang cukup di pasaran.

Ia menjelaskan, sidak dilakukan sebagai bentuk pengawasan terhadap perkembangan harga dan pasokan bahan pokok. Terutama menjelang hari-hari besar keagamaan yang biasanya dibarengi dengan kenaikan harga maupun terbatasnya stok.

“Untuk itu, kami akan terus melakukan monitoring agar tidak terjadi lonjakan harga yang bisa memberatkan masyarakat,” ucapnya.

Selain memantau harga, tim satgas pangan Kota Palangka Raya, juga melakukan pemeriksaan kualitas barang. Bahwa kualitas bahan pokok yang dijual di Pasar Besar saat ini masih tergolong baik dan layak konsumsi.

Faktor kualitas barang sangat mempengaruhi kualitas, sehingga harus dipastikan aman untuk masyarakat.

“Kami memastikan, bahwa tidak hanya harga yang stabil, tetapi juga kualitas bahan pokok dijual harus tetap terjaga,” pungkasnya.

Ia berharap, masyarakat Palangka Raya dapat merayakan Iduladha dengan lancar tanpa kendala dan tidak perlu khawatir dengan dengan fluktuasi harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di pasar. (ovi/abe)

DMCA.com Protection Status