fbpx

Satlantas Laksanakan Program Polisi Sahabat Anak

satlantas
Pihak Satlantas Polres Katingan memberikan materi pengenalan rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak di Mapolres Katingan, baru-baru ini. FOTO: IST

KASONGAN–Pihak Satuan Lalu Lantas (Satlantas) Polres Katingan memberikan materi pengenalan rambu-rambu lalu lintas kepada anak-anak TK dan PAUD Al-Wafa, di Mapolres Katingan, baru-baru ini. Petugas juga melaksanakan sosialisasi Kamtibcar Lantas dan Pengenalan Sarana maupun Prasarana Lingkungan Kerja Polres Katingan.

Kasat Lantas Polres Katingan AKP Hariyanto, SH melalui Kanit Kamsel Aiptu M. Yamani mengatakan, kunjungan dari Paud Al-Wafa tersebut merupakan bagian dari program Polisi Sahabat Anak (Polsanak).

“Polsanak merupakan sebuah program pembinaan yang dilakukan Satlantas yang bertujuan  untuk mengenalkan dan mendekatkan sosok Polri dalam rangka membentuk karakter anak yang disiplin dan memiliki etika berlalu lintas sejak dini,” jelasnya.

Menurut dia, anak-anak diperkenalkan mengenai tugas-tugas polisi serta mengedukasi agar tumbuh kebanggaan terhadap Polri sehingga mereka tidak takut dengan sosok polisi.

“Mereka juga dikenalkan mengenai tata tertib berlalu lintas, pengenalan rambu-rambu lalu lintas serta pengenalan pentingnya penggunaan helm pada diri anak-anak. Ini semua untuk memupuk kesadaran tertib berlalu lintas sejak usia dini,” ungkapnya,” jelasnya.

Dengan di perkenalkannya lingkungan Kerja Polres Katingan, lanjutnya, diharapkan anak-anak dapat menumbuhkan rasa disiplin dan taat aturan berlalu lintas sejak usia dini dan menjadi pelopor keselamatan dalam berlalulintas.

“Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan Mapolres Katingan ini juga diselingi dengan bernyanyi, senam lalu lintas, dan mengunjungi tempat Pelayanan Kerja SPKT, Pelayanan SIM, Pengenalan Kendaraan Bermotor, dan Penjagaan Satsamapta Polres Katingan,” kaya Yamani.

Dia mengatakan, jika sosialisasi pengetahuan lalu lintas ini memang harus dikenalkan sejak usia dini. Agar kelak, anak-anak dapat paham dan mengerti tata cara dalam berlalu lintas.

“Sehingga kedepan, akan menciptakan generasi-generasi yang disiplin dan patuh dalam berlalu lintas,” imbuhnya. (ndi)

DMCA.com Protection Status