fbpx

Dewan Mura Dorong Pemerataan Peningkatan Sapras Pendidikan

Dewan Mura
Anggota DPRD Murung Raya, Heriyus M Yoseph SE MM saat menghadiri kegiatan peresmian Gedung SDN 2 Saripoi di Kecamatan Tanah Siang, Kamis (2/5). Foto: Yudi

PURUK CAHU – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Murung Raya (Mura), Heriyus M Yoseph SE MM mengapresiasi atas diresmikannya gedung baru SDN Saripoi 2 di Kelurahan Saripoi, Kecamatan Tanah Siang pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2024).

“Dengan nilai pagu anggaran mencapai 5,4 miliar, merupakan komitmen kuat dari Pemkab Mura dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu dunia pendidikan,“ ucap Heriyus yang telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati di DPC PDI P Murung Raya, Jumat (3/5/2024).

Putra daerah asal Tanah Siang yang juga Politisi asal PDI Perjuangan ini juga mendorong, Pemda Mura melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar terus melakukan pemetaan dan pemerataan peningkatan sarana dan prasarana (Sapras) pendidikan. Seperti pada 10 kecamatan, khususnya di daerah pelosok.

“Ini merupakan wujud nyata realisasi program merdeka dari kebodohan, bangunannya luar biasa megah. Seperti data yang sudah disampaikan oleh Kadis Pendidikan ada beberapa pembangunan yang sama juga telah rampung. Tentunya kita terus mendorong agar dinas pendidikan juga melakukan pemerataan peningkatan sapras di daerah pelosok yang kondisinya perlu mendapatkan perhatian,” kata Heriyus.

Heriyus kembali menambahkan, selain bangunan gedung, sapras lainnya seperti kursi, meja, lemari, papan tulis serta rumah dinas guru banyak yang kondisinya tidak layak lagi perlu mendapatkan perhatian.

“Tidak hanya pembaharuan berupa fisik bangunan, kita di DPRD saat menggelar reses ke desa-desa cukup banyak mendapatkan laporan masyarakat terkait masih minimnya kehadiran tenaga pendidik, hingga kurangnya jumlah guru di beberapa sekolah. Sehingga hal ini juga perlu menjadi atensi khusus bagi pihak Dinas Pendidikan,” tuturnya.

Memajukan dunia pendidikan saat ini memang cukup menguras tenaga dan fokus.

“Namun dengan peran aktif seluruh pihak dari tingkat orang tua murid, masyarakat, pemerintah desa, kecamatan, guru dan dinas teknis, tentunya akan berdampak positif bagi peningkatan mutu dan kualitas dunia pendidikan di Mura,“ pungkasnya. (udi/abe)

DMCA.com Protection Status