fbpx

Dewan Katingan Harapkan Program Pembangunan Desa Lebih Maksimal

Dewan Katingan
Anggota DPRD Katingan, Rudi Hartono, S.Sos mengharapkan dengan adanya DD dan ADD program pembangunan lebih maksimal. Foto: IST

KASONGAN – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Katingan mengingatkan, kepada seluruh aparatur desa, agar mengelola Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dengan baik dan benar. Sebab, anggaran desa yang bersumber dari APBN dan APBD itu jumlahnya cukup besar.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono, S.Sos mengatakan, dengan adanya anggaran yang diterima setiap desa tersebut, diharapkan program pembangunan lebih maksimal, serta dinikmati seluruh masyarakatnya.

“Kita ketahui, ada 154 Desa se-Kabupaten Katingan. Tiap desa akan mendapatkan DD dan ADD, sehingga pengelolaanya harus baik dan transparan,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, baru-baru ini.

Sehubungan dengan itulah, Rudi mengingatkan kepada semua Kepala Desa dan perangkatnya, agar dana tersebut bisa dikelola sebaik mungkin dan penggunaannya tidak sampai tumpang tindih.

“Terpenting pula, mesti sesuai petunjuk teknis dan pelaksana serta ketentuan yang berlaku,” kata Politisi Partai Golkar ini.

Diungkapkan Rudi, bahwa, pemerintah desa juga harus bisa bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam melakukan penyusunan rancangan prioritas program pembangunan desa.

“Sesuai peraturan menteri, prioritas dana desa adalah untuk membangun infrastruktur desa, seperti jembatan, jalan, air bersih dan lainnya,” katanya.

Jika masih kurang mengerti tentang penggunaan dana desa, diharapkan dapat berkonsultasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan.

“Ini maksudnya, agar penggunaan dana desa tidak sampai tumpang tindih dan tidak sampai berurusan dengan hukum nantinya,” ucap anggota dewan asal Daerah Pemilihan Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya. (ndi)

DMCA.com Protection Status