fbpx

Pengembangan Sektor Wisata Berpotensi Tingkatkan PAD

Pengembangan Sektor Wisata
Anggota DPRD Katingan Muhammad Efendi, S.Hut mendorong pemerintah daerah terus mengembangkan sektor pariwisata. Foto: IST

KASONGAN – Pihak DPRD Katingan mendorong, pemerintah daerah (Pemda) melalui dinas terkait supaya lebih memperhatikan pembangunan serta pengembangan sektor pariwisata di Bumi Penyang Hinje Simpei. Pasalnya, sektor tersebut dinilai salah satu potensi yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Anggota DPRD Katingan, Muhammad Efendi, S.Hut menuturkan, bahwa peningkatan dan pengembangan sektor wisata sangat penting dilakukan.

“Melalui perhatian yang diberikan pada sektor wisata, akan berdampak terhadap kemajuan daerah. Sehingga, penerimaan PAD Kabupaten Katingan juga meningkat,” ujarnya, baru-baru ini.

Menurut Politisi Partai Demokrat ini, pariwisata menjadi salah satu sektor yang mampu memacu aktivitas dan perekonomian daerah.

Untuk itu, segala kegiatan dan program pariwisata harus didorong serta gali peluang maupun potensinya untuk kemajuan daerah.

“Hal-hal yang perlu ditekankan dalam memajukan destinasi dan sektor pariwisata. Terutama, terkait Pengembangan destinasi wisata dan aspek kebudayaan atau kultur harus bisa diperkenalkan kepada masyarakat,” imbuh pria yang akrab disapa Fendi ini.

Jika sudah dilakukan pengembangan, lanjutnya, tentu masyarakat dan wisatawan tertarik untuk datang ke destinasi wisata yang ada. Bukan hanya persoalan sarana dan prasarana saja yang wajib dilakukan pembenahan, tetapi strategi pengenalan kepada masyarakat melalui promosi dinilai cukup efektif dalam upaya menarik kunjungan wisata.

“Kesadaran masyarakat ketika berkunjung ke tempat wisata juga perlu diperhatikan. Petugas perlu memberikan edukasi kepada wisatawan yang datang untuk memelihara dan tidak merusak sarana dan prasarana yang ada di dalam,” katanya. (ndi)

DMCA.com Protection Status