fbpx

Kompleks Pasar Jumat Mandomai Berkobar

KEBAKARAN: Pemukiman di kompleks Pasar Jumat di Jalan Ria Gilang dan Jalan Rosan RT. 10 Kelurahan Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Rabu (15/11/3023) sekitar pukul 06.10 WIB, terbakar. FOTO: SCREEN SHOT
KEBAKARAN: Pemukiman di kompleks Pasar Jumat di Jalan Ria Gilang dan Jalan Rosan RT. 10 Kelurahan Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Rabu (15/11/3023) sekitar pukul 06.10 WIB, terbakar. FOTO: SCREEN SHOT

KUALA KAPUAS – Musibah kebakaran pemukiman terjadi di kompleks Pasar Jumat di Jalan Ria Gilang dan Jalan Rosan RT. 10 Kelurahan Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Rabu (15/11/3023) sekitar pukul 06.10 WIB.

 

Ketua BPK Tirta Borneo Kapuas, Rahmat M Noor, mengungkapkan data sementara api membakar sekitar 10 bangunan rusak berat, dan tiga unit bangunan rusak ringan.

 

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, mengatakan jumlah rumah warga yang terbakar sebanyak 11 unit rumah.

 

“Sembilan unit mengalami rusak yang cukup berat dan dua unit lainnya mengalami kerusakan yang ringan. Kalau untuk yang terdampak yaitu sebanyak 11 kepala keluarga dan 42 jiwa,” ungkapnya.

 

Kejadian kebakaran kompleks pasar ini terjadi sekitar pukul 05.30 WIB, dimana api terlihat sudah cukup membesar dari salah satu bangunan rumah warga. Sontak warga sekitar berdatangan ke lokasi berusaha melakukan upaya pemadaman dan sebagian menyelamatkan harta benda yang bisa diselamatkan.

 

Api cepat membakar bangunan, karena sebagian besar berkontruksi kayu, dan lokasi kejadian permukiman cukup padat penduduk, sehingga api dengan mudah melalap bangunan rumah dan pertokoan warga setempat.

 

Belum diketahui penyebab dalam kebakaran yang terjadi, pihak yang berwajib masih melakukan penyelidikan dan mendata para saksi dalam musibah tersebut.

 

Api dapat dipadamkan sekitar 3 jam kemudian, upaya pemadaman dilakukan oleh pihak kelurahan, BPBD, Satpol PP Damkar, Damkar Swasta, masyarakat dan relawan.

 

BPBD kabupaten setempat juga telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk melakukan pendataan di lokasi kejadian.

 

“Dalam kejadian kebakaran ini, tadi pagi bapak Pj. Bupati Kapuas Erlin Hardi, bersama Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, serta Kepala OPD terkait melakukan peninjauan ke lokasi pasca kejadian musibah kebakaran pemukiman dan menyalurkan bantuan kepada korban terdampak musibah kebakaran,” demikian Panahatan Sinaga. (ant/cen)

Lihat juga videonya disini:

Yt Short

Tiktok

BACA JUGA: Dini Hari Empat Bangunan Terbakar

DMCA.com Protection Status