fbpx

Sosialisasi dan Edukasi Pencegahan Kebakaran Perlu jadi Agenda Penting

Sosialisasi dan Edukasi
Ketua Komisi II DPRD Mura Heriyus M Yoseph SE

PURUK CAHU – Beberapa hari terakhir peristiwa kebakaran yang terjadi di wilayah padat penduduk di Kabupaten Murung Raya (Mura), menimbulkan kerugian materi yang tidak sedikit. Bahkan juga potensi ancaman atas keselamatan masyarakat, akibat peristiwa kebakaran tersebut, menjadi perhatian Komisi II DPRD Murung Raya.

Ketua Komisi II Heriyus M Yoseph SE saat dibincangi wartawan di ruang kerjanya mengatakan, musibah kebakaran yang terjadi di RT II Desa Bahitom Kecamatan Murung terjadi pada Jumat (9/9/2022) lalu, menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat, khususnya daerah-daerah kawasan padat penduduk.

Karena menurutnya, pada kawasan padat pemukiman risiko dan potensi terjadinya kebakaran cukup tinggi dibandingkan kawasan-kawasan lainnya. Sehingga perlu adanya langkah-langkah antisipasi, baik dari masyarakat, khususnya pengambil kebijakan strategis di kawasan tersebut.

“Kami di Komisi II selaku mitra kerja dari BPBD mendorong agar edukasi dan sosialisasi upaya pencegahan di masyarakat dapat ditingkatkan. Terkait hal ini pihak BPBD perlu membangun sinergitas dengan pihak teknis lainnya, seperti Satpol PP dan Damkar setempat agar dalam pelaksanaannya lebih tepat sasaran dan optimal,” kata Legislator asal Partai PDI-Perjuangan saat dikonfirmasi lewat pesan teks aplikasi WhatsApp, Minggu (11/9/2022).

Heriyus kembali menambahkan masyarakat memerlukan pengetahuan dasar bagaimana cara melakukan pencegahan kebakaran.

“Sebelumnya pengetahuan dasar apa saja penyebab, bagaimana mengantisipasi dan meminimalisasi kerugian materi hingga korban jiwa itulah pentingnya sosialisasi yang menjadi tugas bersama khususnya pemerintah daerah bersama pemerintah desa setempat,” tambah Heriyus lagi.

“Target kegiatan ini masyarakat pada kalangan usaha, jasa dan semua pihak secara umum, agar kedepan potensi kebakaran pada lingkungan padat penduduk dapat diantisipasi dini,” pungkasnya. (udi/abe)

DMCA.com Protection Status