fbpx

Dari 13 Calon, Ini Bacarek UPR yang Masuk Tiga Besar

bacarek
Kampus Negeri Universitas Palangka Raya.

PALANGKA RAYA –  Setelah melewati sejumlah tahapan. Bakal calon rektor (Bacarek) Universitas Palangka Raya (UPR) mengerucut menjadi tiga nama. Sebelumnya terdapat 13 bacarek yang memperebutkan kursi nomor satu di kampus negeri terbesar di Kalimantan Tengah (Kalteng) tersebut.

Selasa (9/8/2022), akhirnya terpilih tiga nama bacarek yang masuk dalam tiga besar. Setelah lolos dari eliminasi tahap pertama.

Ketiga nama tersebut lolos melalui proses tahapan agenda rapat senat yang dilaksanakan secara tertutup di salah satu hotel di Ballroom Lantai VI gedung PPIIG UPR pukul 13.30 WIB.

Dari informasi yang berhasil dihimpun awak Kaltengoke.com. Ketiga bacarek yang terpilih dengan suara terbanyak tersebut, yakni Dr. Berkat, SP, MSi dengan nomor urut 08. Berkat mengantongi suara senat sebanyak 11 suara.

Suara terbanyak kedua diraih oleh Prof.Dr.Ir Salampak, MS nomor urut 03, dengan delapan suara. Menyusul Dr.Ir. Sosilawaty, MP, nomor urut 06 dengan suara sebanyak enam suara.

Diketahui, Dr. Berkat, SP, MSi dan Prof.Dr.Ir Salampak, MS, merupakan wakil rektor. Sedangkan, Dr.Ir. Sosilawaty, MP, merupakan dekan dari Fakultas Pertanian UPR. Dan, satu-satunya perwakilan dari perempuan yang turut mengincar kursi rektor UPR.

Ketua panitia penjaringan dan pemilihan calon rektor, Prof Dr Joni Bungai, menyampaikan bahwa ketiga nama yang telah ditetapkan dalam rapat senat tersebut, akan disampaikan kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

“Kita sudah menggelar agenda  pemilihan calon rektor oleh senat. Anggota senat yang hadir dan menyalurkan suara, sebanyak 39 anggota dari total 40 anggota senat yang ditetapkan. Satu orang tidak hadir karena sakit,” jelasnya.

Proses pemilihan yang dilakukan senat juga dipantau oleh Inspektorat Jendral (Irjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indoensia (Kemendikbudristekdikti-RI) yang diwakili Inspektur IV, Masrul Latif, S.I.P, M.Si, yang datang ke rapat tertutup tersebut.

Disaksikan perwakilan kementerian tersebut, anggota senat yang hadir memberikan hak suaranya sehingga terpilih tiga bacarek.

“Yakni Dr Berkat SP MSi, Prof Salampak MS dan Dr.Ir. Sosilawaty, MP,” katanya.

Tiga nama tersebut ditetapkan dalam berita acara rapat senat. Selanjutnya panitia akan menyampaikan laporan tersebut kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

“Tahapan selanjutnya, panitia akan membuat laporan kepada menteri, kemudian akan ada proses wawancara terhadap tiga calon rektor oleh pihak kementerian. Setelah itu, kita tinggal  menunggu jadwal dari menteri, terkait kapan bisa dilaksanakannya agenda pemilihan rektor periode 2022-2026. Proses ini, menteri memiliki hak suara selain senat,” ucapnya.

Sementara itu Inspektur IV, Masrul Latif SIP MSi saat dibincangi selesai kegiatan, menjelaskan, mekanisme pemilihan rektor di UPR sudah mengikuti proses yang benar.

“Saya sudah mengikuti berbagai proses pemilihan rektor dibeberapa perguruan tinggi dan universitas, mekanisme yang sudah dijalankan di UPR sudah sangat bagus. Karena prosesnya dilaksanakan secara transparan dan mengikuti prosesur yang ada. Bahkan melibatkan mahasiswa, bahkan para bakal calon membuat fakta integritas,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua senat UPR yang juga selalu Rektor Dr Andrie Elia, menyampaikan bahwa proses pemilihan kali ini sudah sangat demokratis.

“Inilah objektivitas pemilihan. Disini saya bersyukur bisa menghantar proses pemilihan rektor secara baik, transparan seperti disampaikan. Nanti setelah tiga calon rektor ini terpilih saat proses pemilihan rektor oleh senat dan bersama menteri, diharapkan bisa benar-benar membawa UPR semakin bergengsi, baik dan berstandar internasional,” tutupnya. (rul/cen)

DMCA.com Protection Status