fbpx

Wabup Minta Jalan Lintas Ditingkatkan ke Akses Jalan Nasional

Wabup Minta Jalan
Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing menyampaikan aspirasi secara langsung ke Komisi VII DPR RI dan pihak ESDM di aula Bappeda Litbang, Jumat (21/7) lalu. Foto: Sepanya

KUALA KURUN – Saat kunjungan kerja atau reses Anggota Komisi VII DPR RI wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), Willy M Yoseph dan pihak Kementerian ESDM RI ke Kabupaten Gunung Mas (Gumas). Hal itu lah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas meminta, secara langsung terkait fungsi jalan lintas Kurun Palangka Raya, sehingga dapat untuk ditingkatkan ke klas jalan nasional.

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan, memang seyogyanya untuk fungsi jalan umum tersebut, hanya untuk arus orang dan arus barang. Kemudian, ditegaskannya, bahwa perusahaan besar swasta atau PBS yang bergerak di bidang pertambangan, kehutanan dan perkebunan, diharuskan membuat jalan khusus atau produksi.

“Supaya bisa berjalan dengan baik sesuai harapan ya. Apakah, nanti ada solusi apakah kafasitas jalan akan ditingkatkan. Ya mungkin bisa juga jalan itu dinaikan statusnya menjadi Jalan Nasional, sebab Pemprov Kalteng yang menangani perbaikan jalan itu masih alami keterbatasan anggaran,” ucap Efrensia saat reses DPR RI di aula Bappeda Litbang, Jumat (21/7/2022).

Jadi, lanjut dia, apakah nanti akan ditingkatkan ataupun dilebarkan, sehingga dapat diizinkan angkutan produksi. Serta, pada kesempatan itu juga, Ia kembali menitipkan aspirasi tersebut, agar sampai ke pusat, sehingga saat penyampaian laporan reses akan langsung disampaikan.

“Maka kami titipkan aspirasi ini untuk sampai ke pusat Anggota Komisi VII DPR RI wilayah Kalteng, dan apalagi ini ada langsung dari Kementrian ESDM RI ya, terkait dengan izin batu bara, apakah nanti angkutannya, seperti apa ya supaya tidak ganggu aktifitas masyarakat,” tegasnya.

Ia kembali menambahkan, saat ini Kabupaten Gumas bukan tidak mendukung investasi, tetapi sangat mendukung, namun kehadiran investasi itu jangan sampai menyulitkan rakyat kecil. Karena sering dengan macetnya kendaraan itu ditengah jalan sering terhambatnya aktifitas arus orang dan arus barang. Sebab seyogyanya angkutan produksi itu adalah melalui jalan produksi.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI wilayah Kalteng Willy M Yoseph mengatakan, semua aspirasi yang telah disampaikan pada reses tersebut, akan difasilitasi dan akan disampaikan pada forum pembahasan di DPR RI pusat. Maka ia berharap, mudah-mudahan akan bisa realisasikan.

“Terima kasih atas semua aspirasi dan penjelasan, serta kita juga semua sudah melihat langsung di lapangan pada hari ini. Kemudian kita akan sampaikan di forum kami DPR RI nantinya,” imbuhnya. (nya/abe)

DMCA.com Protection Status