fbpx

Desa Trahean Terpilih Dalam Program “Desa Cantik” se-Indonesia

desa cantik
Sekretaris Daerah Barito Utara, Ir H Jainal Abidin MAP, menerima penghargaan atas prestasi yang diraih Desa Trahean dalam program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), Selasa (25/5/2021).Foto: Humas Barito Utara.

MUARA TEWEH – Dalam menumbuhkan kesadaran pentingnya data dan statistik, BPS melaksanakan program “Desa Cinta Statistik (Desa Cantik)”.

Yakni sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran. Desa Trahean terpilih dalam 100 desa dari 83.820 wilayah administrasi setingkat desa di seluruh Indonesia.

Dan, satu dari tiga desa di Kalteng yang masuk dalam program Desa Cinta Statistik, selain desa di Kabupaten Kobar dan Lamandau.

Launching Desa Cantik dilaksanakan di Kantor Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ir. H. Jainal Abidin, M.AP, Kepala BPS Kalteng, Unsur FKPD, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Kepala BPS Kabupaten Barito Utara dan jajarannya.

Mewakili Bupati Barito Utara, Sekda Jainal Abidin, bahwa bupati sangat bangga dengan terpilihnya Desa Trahean sebagai Desa Cinta Statistik. Dimana tentunya aparat Desa Trahean dan BPS akan bersinergi secara berkelanjutan membangun tata kelola data dan statistik yang baik di desa kedepannya.

Melalui program Desa Cantik, dapat dirumuskan secara bersama-sama bagaimana pelaksanaan pendataan di desa kedepannya, termasuk manajemen dan publikasi data. Dengan harapan akan tersedia data yang lengkap, akurat, uptodate, sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk pelaksanaan pembangunan desa yang berkelanjutan.

“Misalnya, ketersediaan data dalam bidang pertanian, seperti data jumlah petani, lahan pertanian, komoditas pertanian, kebutuhan pupuk, hasil panen dan data lainnya,” jelas Jainal, Selasa (25/5/2021).

Tak lupa, Bupati Barito Utara melalui Sekda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut andil dalam pelaksanaan Program Desa Cantik ini.

“Semoga cita-cita untuk membangun sistem statistik nasional yang dimulai dari desa dapat terwujud,” tutup Sekda. (hmsbaritoutara/cen)

DMCA.com Protection Status