fbpx

MotoGP Prancis 2021, Jack Miller Menang, Marc Marquez Menyerah

MotoGP Prancis 2021, Jack Miller Menang, Marc Marquez Menyerah
Jack Miller (FOTO: NET)

JACK MILLER tampil gemilang dari awal hingga akhir balapan MotoGP 2021 Prancis di Le Mans, Minggu (16/5/2021). Kemenangan ini makin impresif, karena diraih dalam kondisi yang sulit.

Cuaca yang terus berubah, membuat balapan berlangsung dengan penuh drama dengan situasi flag-to-flag dan rentetan insiden yang dialami pembalap di lintasan.

Posisi pemimpin lomba sempat dihuni oleh Marc Marquez (Repsol Honda) yang kembali menunjukkan kebolehan sebagai master flag-to-flag. Sayangnya, dua kesalahan membuat Marquez kehilangan posisi. Ketika motornya ringsek akibat jatuh untuk kedua kalinya, Marquez pun menyerah.

Sementara itu, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) mendapatkan hasil lebih baik dari empat balapan sebelumnya, dengan mencapai garis finis ke-11.

Saat lampu hijau menyala, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang memulai dari pole harus digusur oleh Jack Miller (Ducati Lenovo Team) untuk memimpin balapan.

Tidak lama balapan baru dimulai, Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) mengalami crash. Posisi Miller di depan bisa diambil alih oleh Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) yang turun satu setrip ke belakang.

Marc Marquez memimpin balapan ditemani Quartararo dan Miller secara berurutan ke belakang. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut bahkan bisa meninggalkan Quartararo dengan jarak 2,193 detik. Nasib kurang beruntung dialami Marquez, setelah mengalami crash di tikungan 14.

Kini Quartararo yang memimpin balapan dengan Miller dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) secara berurutan ke belakang. Meski terjatuh, Marquez langsung bangkit dan kembali balapan dengan memulai lagi dari urutan ke-18.

Sementara itu, Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) yang tadinya di luar 10 besar kini bisa merangkak naik ke urutan 8.  Posisi terdepan kini berubah lagi setelah Miller bisa menyalip Quartararo saat balapan menyisakan 16 lap.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) kini juga mengikuti jejak Oliveira dengan mengalami crash di tikungan 3. Dengan situasi seperti ini, pembalap Suzuki Ectsar tidak memiliki wakil dalam balapn usai Joan Mir juga mengalami crash lebih awal.

Tiga besar kini berubah dengan usai Johann Zarco (Pramac Racing) bisa menggusur posisi Nakagami. Johann Zarco mulai mendekati Quartararo dan Miller yang secara berurutan berada di depan.

Dua pembalap Aprilia Gresini, Lorenzo Savadori dan Aleix Espargaro, harus menyudahi balapan usai mengalami masalah pada motor balapnya. Kembali ke Marquez yang perlahan secara merangkak bisa melaju ke urutan 10 besar harus terjatuh lagi kini di tikungan 6.

Zarco sukses mengejar Quartararo dan membuat pembalap berjuluk El Diablo tersebut turun satu setrip. Hingga balapan menyisakan dua putaran, pembalap tiga teratas masih dihuni oleh Miller, Zarco, dan Quartararo. (net)

 

      HASIL MOTOGP PRANCIS 2021 

  1. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)
  2. Johann Zarco (Pramac Racing)
  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha)
  4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
  5. Danilo Petrucci (KTM Tech3)
  6. Alex Marquez (LCR Honda)
  7. Takaaki Nakagami (LCR Honda)
  8. Pol Espargaro (Repsol Honda)
  9. Iker Lecuona (KTM Tech3)
  10. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha)
DMCA.com Protection Status