fbpx

Masuk Pemukiman, Warga Tangkap Buaya Sepanjang 2,5 Meter

buaya
Bhabinkamtibmas Desa Gandang, BKSDA Kalteng dan BPBD Kabupaten Pulang Pisau bersama warga mengevakuasi seekor buaya, Sabtu (15/6).Foto: Ist

PULANG PISAU – Warga Desa Gandang, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) berhasil menangkap seekor buaya dengan panjang 2,5 meter yang sering berkeliaran di pemukiman warga.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Mada Ramadita melalui Kapolsek Maliku Ipda Rahmadi, mengatakan penangkapan seekor buaya di Desa Gandang untuk mengantisipasi adanya korban jiwa terkait munculnya seekor buaya di alur Sungai Sebangau-Gandang Barat, sehingga Polsek Maliku bersama warga mengevakuasi seekor buaya.

Dijelaskan Rahmadi, awal keberadaan buaya tersebut diketahui atas laporan warga yang menginformasikan kepada Kades Gandang Barat bahwa ada seekor buaya masuk ke pemukiman masyarakat Desa Gandang Barat pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2024 sekitar pukul 22.00 WIB.

Kemudian, Kades Gandang menginformasi kepada Bhabinkamtibmas Desa Gandang selanjutnya menyampaikan kepada piket Polsek Maliku untuk mendampingi serta menghimbau masyarakat agar mewaspadai serta tidak membunuh buaya tersebut karena merupakan salah satu binatang yang dilindungi.

“Kemudian Sabtu tanggal 15 Juni 2024 sekitar pukul 07.00 WIB, masyarakat beserta Personil Polsek Maliku berhasil menangkap serta mengamankan seekor buaya tersebut, ” tandasnya.

Selanjutnya, kata Rahmadi, Tim dari BKSDA Kalteng dan BPBD Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan penjemputan seekor buaya untuk karantina dan dilepas kembali di kawasan yang jauh dari pemukiman masyarakat.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada warga masyarakat atas respons cepat dan tepat dalam penanganan konflik antara satwa liar dan manusia. Proses evakuasi yang dilakukan dengan kerja sama berbagai pihak ini merupakan contoh nyata sinergi dalam menjaga keamanan manusia dan keseimbangan ekosistem,” tandasnya.

Dikatakan Rahmadi, kepedulian dan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat sangatlah penting dalam upaya pelestarian satwa liar dan habitatnya.

“Terima kasih atas dedikasi dan kerjasama yang telah diberikan demi kesejahteraan bersama. Kami juga menghimbau kepada masyarakat yang melakukan aktifitas di sungai agar selalu berhati-hati, jika melihat dan menemukan buaya agar segera menyampaikan kepada petugas agar segera ditindaklanjuti,” ujar Ipda Rahmadi. (ung/cen)

DMCA.com Protection Status