fbpx

Penyelenggaraan Pemerintahan Tahun 2023 Berjalan Baik

Penyelenggaraan Pembangunan
Anggota DPRD Katingan, Rudi Hartono, S.Sos saat menyampaikan rekomendasi terhadap LKPJ Bupati Katingan Tahun 2023, Selasa (30/4/2024) malam.

KASONGAN – Pihak DPRD Kabupaten Katingan menyampaikan, rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Katingan Tahun 2023. Ini diagendakan dalam Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2024, Selasa (30/4/2024) malam.

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah, SP didampingi Wakil Ketua II, Farul Razi serta dihadiri para anggota dewan.

Sementara dari eksekutif, diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Pransang, S.Sos serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Katingan dan perwakilannya.

Anggota DPRD Kabupaten Katingan, Rudi Hartono, S.Sos yang dipercaya menyampaikan rekomendasi tersebut mengatakan, pihaknya telah melakukan pembahasan secara internal terhadap LKPJ Bupati Katingan tersebut.

“Berdasarkan hasil masukan yang bersifat normatif, secara umum kami berpendapat bahwa penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Katingan terkait kegiatan pada Tahun Anggaran 2023 sudah berjalan baik,” ujarnya.

Menurut Rudi, jika memperhatikan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kepala daerah wajib menyampaikan LKPJ. Selanjutnya, DPRD akan memberikan rekomendasi terhadap laporan yang disampaikan.

“Hal ini merupakan salah satu fungsi pengawasan terhadap kinerja pemerintahan daerah. Baik yang berkaitan dengan keberhasilan maupun kekurangan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” tuturnya.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, rekomendasi tersebut adalah sebagai bahan evaluasi dan kontribusi positif untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pembangunan Kabupaten Katingan kedepannya.

Selain itu, sebagai bentuk kebersamaan antara eksekutif dan legislatif dalam mensejahterakan masyarakatnya.

“Sebagaimana hasil yang sudah dicapai melalui LKPJ Bupati Katingan Tahun Anggaran 2023 yang disampaikan, tentu saja DPRD Katingan memberikan apresiasi dan penghargaan atas kerja keras maupun prestasi tersebut. Kami berharap, rekomendasi yang disampaikan dapat menjadi acuan oleh Pemerintah Kabupaten Katingan dalam rangka memperbaiki pelayanan dan pembangunan di masa yang akan datang,”  ucap Rudi. (ndi)

DMCA.com Protection Status