fbpx

Pemda Gumas Mesti Mampu Tingkatkan SDM di Perdesaan

Pemda Gumas
Anggota DPRD Gunung Mas, Rayaniatie Djangkan bersama Bupati Jaya S Monong menyerahkan berkas ke masyarakat saat pasar murah di Taman Kota Kurun, belum lama ini. Foto: Sepanya

KUALA KURUN – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengharapkan, pemerintah daerah (Pemda) setempat mestinya mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya masyarakat di wilayah yang tertinggal, seperti perdesaan.

Anggota DPRD Kabupaten Gumas, Rayaniati Djangkan menuturkan, saat ini masih banyak masyarakat yang masih kurang di sisi SDM, di beberapa wilayah yang ada di bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini. Sehingga, pemerintah harus mampu meningkatkan kualitas tersebut.

“Dalam peningkatan SDM itu, harus ada tanggungjawab dari pemerintah, seperti melakukan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat di perdesaan,” ucap Rayaniati, Rabu (21/2/2024).

Selain melakukan pelatihan, kata legislator dari pemilihan (Dapil-I) ini menuturkan, adanya tempat melakukan kegiatan, seperti tempat menjahit, membuat kerajinan batik dan lain-lainnya. Dengan adanya peningkatan SDM ini, kata dia, sangat lah baik, jika memang pemerintah serius dalam hal pengembangan tersebut.

“Sumber-sumber pendapatan, kesejahteraan itu pasti ada kalau pemerintah serius, apabila adanya pembinaan dari dinas yang bersentuhan langsung dalam membina masyarakat,” ujarnya.

Tambah politisi dari PAN ini menambahkan, peningkatan SDM itu dapat berjalan kalau ada pembinaan yang sangat serius, seperti memberikan pelatihan. Kemudian adanya tempat praktek, terlebih lagi tempat pemasaran barang hasil kerajinan.

“Harus adanya keseriusan juga dalam membina, terutama di sisi pemasaran. Kemudian pembinaannya jangan sampai terputus. Sehingga dampaknya terasa oleh masyarakat dan berkelanjutan,” pungkas Raya. (nya/abe)

DMCA.com Protection Status