fbpx

Dorong Percepatan Pembangunan Desa

Percepatan Pembangunan Desa
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kapuas, Ahmad Baihaqi.

KUALA KAPUAS – Dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan Desa, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas Ahmad Baihaqi meminta peran aktif Kepala Desa (Kades) beserta aparatur desa terus bekerja maksimal sehingga rencana dan target kegiatan program-program pembangunan yang di desa dapat berjalan dengan baik demi kemajuan dan kesejahteraan desa dan masyarakat.

“Dalam upaya percepatan pembangunan desa, peran Kepala Desa (Kades) dan aparatnya sangat dominan dalam mewujudkan hal tersebut,” ucap Ahmad Baihaqi.

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas terpilih dari Dapil V meliputi Kecamatan Kapuas Timur, Bataguh, Tamban Catur dan Kapuas Kuala itu mengatakan bahwa selain dapat memanfaatkan Dana Desa (DD), pembangunan juga dapat dilakukan dengan cara mengusulkan program-program pembangunan, kemudian disinergikan dan diusulkan kepada pemerintah pusat maupun provinsi.

”Kepala Desa harus pro aktif dalam mengusulkan dan memperjuangkan program-program pembangunan ke pemerintah pusat, maupun provinsi,” tegasnya

Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kapuas itu mengatakan, jika hanya berharap dari dana desa dan bantuan dari pemerintah daerah, tentunya akan sangat terbatas.

Oleh karenanya, lanjut Ahmad Baihaqi, Pemdes harus pro aktif memperjuangkan program bantuan dari perusahaan pusat maupun pemerintah provinsi. Karena lanjutnya, kalau hanya mengandalkan kegiatan yang bersumber dari DD dan dana APBD itu sangat terbatas sehingga perlu dilakukan upaya untuk menarik program kegiatan dari pemerintah pusat maupun provinsi.

“Kenapa tidak kita perjuangkan untuk mengusulkan program-program pembangunan ke wilayah kita. Untuk itu, Kades harus pro aktif menyusun program dan mengusulkan ke pemerintah pusat atau provinsi,” ungkapnya. (ung/nur)

BACA JUGA: Bupati Kotim Optimis Raih Juara Umum Peda-KTNA Kalteng 2023

BACA JUGA: Meriahnya Malam Pembukaan MTQH ke XXXI

BACA JUGA: Terbanyak di Asia Tenggara! PLN Resmikan 21 Unit Green Hydrogen Plant, Mampu Produksi Hingga 199 Ton Hidrogen Per Tahun

BACA JUGA: Pj Bupati Pulpis Launching Permata Kuning

BACA JUGA: Perbaikan Jalan Trans Kalimantan Picu Kenaikan Harga

DMCA.com Protection Status