fbpx

Pemda Harus Tekan Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Gumas

Angka Kemiskinan
Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar saat menghadiri kegiatan rapat di aula Bappedalitbang setempat, belum lama ini. Foto: Sepanya

KUALA KURUN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) meminta, kepada pemerintah daerah (Pemda) agar menekan angka kemiskinan dan pengangguran yang ada di wilayah bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

“Upaya pemerintah daerah satu-satunya untuk menekan jumlah penduduk miskin dan pengangguran itu harus ada program pemberdayaan tenaga kerja lokal. Juga mewajibkan perusahaan yang ada harus memprioritaskan masyarakat lokal atau sekitar untuk bekerja di perusahaan,” ucap Ketua DPRD Gunung Mas Akerman Sahidar, Kamis (16/11/2023).

Menurut politisi berasal dari wilayah II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan Barat, Rungan, Manuhing dan Manuhing Raya ini menyatakan, program pemerintah daerah itu harus memastikan apa saja yang bisa dijalankan dan tahu bagaimana efektifitasnya untuk mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

“Problem ini yang harus diantisipasi oleh pemerintah daerah, supaya berkurangnya angka pengangguran di daerah kita yakni dengan menyediakan balai kerja guna untuk meciptakan lapangan kerja. Itu supaya mereka mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan,” terang dia.

Dia mengatakan lagi, angka kemiskinan dapat menjadi sebuah gambaran yang dilakukan selama ini dalam keberhasilan dan dampak pembangunan terhadap taraf hidup masyarakat, di Kabupaten Gumas. Sehingga ini merupakan perlu diberikan perhatian serius dari DPRD setempat.

“Kalau angka kemiskinan bisa ditekan maka program pembangunan dan kesejahteraan akan berhasil. Jika itu bisa dilakukan kita bersama-sama,” imbuhnya. (nya/abe)

BACA JUGA: Seluruh Pegawai di Gunung Mas Wajib Miliki Jamsostek

BACA JUGA: Warga Diingatkan Jangan Sembarangan Sebar Konten Medsos

DMCA.com Protection Status