fbpx

Wujudkan UMKM Naik Kelas

SAMBUTAN: Wagub Edy Pratowo memberikan sambutan pada pembukaan Rakorda Perencanaan Pusat dan Daerah Bidang Koperasi dan UMKM Provinsi Kalteng tahun 2023 di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Kamis (25/5). Foto: IST FOR PE

PALANGKA RAYA-Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo secara resmi wujudkan membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalteng di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Kamis (25/5).

Dalam sambutannya, Edy menyampaikan peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian khususnya wilayah Kalimantan Tengah.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia sangat berperan, mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha,” ucapnya.

Berdasarkan laporan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI tahun lalu disebutkan, Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga mencapai sebesar 60,5 persen, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah sebesar 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

“Diketahui perkembangan koperasi di Kalimantan Tengah sendiri saat ini menunjukkan kinerja yang positif,” ujarnya.

Kontribusi PDB koperasi terhadap PDB Provinsi Kalimantan Tengah naik dari 1,42 persen di tahun 2016 menjadi 3,29 persen di tahun 2022.

“Namun demikian, dari segi kualitas masih perlu dimaksimalkan lagi, mulai dari aspek kelembagaan, SDM, permodalan, pemasaran, hingga pemanfaatan teknologi,” beberanya.

Menurutnya ada beberapa langkah penting untuk memajukan koperasi dan

UMKM, yaitu Memberdayakan pelaku UMKM dan koperasi anak muda, perempuan, dan usaha ramah lingkungan.

“Mendorong pembiayaan koperasi dan UMKM bergeser dari sektor perdagangan ke sektor riil, sehingga akan dapat membuka lapangan pekerjaan lebih luas dan mengoptimalkan ekosistem digital,” tandasnya, (fit*/cen)

BACA JUGA: Gubernur Lantik Pj Bupati, MP3D Layangkan Surat Terbuka

DMCA.com Protection Status