fbpx

Legislator Minta Panitia Pilkades Harus Netral

Legislator Minta Panitia
Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar saat membacakan amanat di depan kantor bupati setempat, belum lama ini. Foto: Sepanya

KUALA KURUN – Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) meminta dengan jajaran panitia kegiatan Pilkades di 41 desa di wilayah kabupaten setempat agar selalu mengutamakan netralitas bagi semua calon kepala desa (Kades).

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar mengatakan, dengan para panitia pilkades, baik yang ada di wilayah setempat, secara khusus bagi panitia di kecamatan dan desa harus selalu utamakan sikap netralitas. Karena pada pelaksanaan itu nanti harus sesuai dengan aturan UU yang ada.

“Untuk panitia Pilkades itu, kami menyarankan  kepada para panitia agar tidak ada keberpihakan kepada salah satu calon kades, karena panitia itu harus selalu utamakan sikap netral. Kalau tidak netral, lalu untuk aturan itu tidak berlaku secara maksimal,” kata Akerman, Jumat (17/6/2022).

Menurut Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyebutkan, mereka panitia harus menjalankan tugas tersebut sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Sehingga menjalankan sesuai dengan aturan serta mekanisme yang ada tertuang dalam juknis. Maka, para peserta calon kades nantinya bisa  puas di dalam pelayanan oleh panitia.

“Para panitia juga harus memahami serta mencermati aturan dan sesudah itu dilihat juga syarat-syarat daripada calon yang memang bersih, seperti dari KKN hingga bersih dari narkoba. Maka ini bisa mendapatkan calon yang kredible,” terang dia.

Dia menambahkan, jika semua syarat itu sudah bisa dilewati dan terpilih, karena itu merupakan amanah dari masyarakat. Maka panitia juga pada prinsifnya harus semua berlaku adil terhadap para calon. Selain itu, kalau ada kelemahan dari calon terkait administrasi, maka itu harus dibantu.

“Jika ada calon yang ada lemah disisi administrasi juga kalau bisa panitia kami mohon itu dibantu atau ditolong kalau memang tidak melanggar aturan. Karena mengenai waktu biasanya mereka agak terlambat ini juga harus disosialisasikan terlebih dulu,” pungkasnya. (nya/abe).

DMCA.com Protection Status