fbpx

Objek Wisata Punggu Alas di Katingan Perlu Peningkatan Sapras

Objek Wisata
Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing

PALANGKA RAYA – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah menilai, perlu adanya perhatian dari pemerintah untuk mengembangkan, potensi wisata di Bumi Tambun Bungai melalui peningkatan sarana prasarana (Sapras).

Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Duwel Rawing, saat dibincangi di gedung dewan, Selasa (22/2/2022).

Menurutnya, salah satu objek wisata yang saat ini perlu mendapat perhatian yaitu objek wisata Punggu Alas, di Kabupaten Katingan.

“Memang saat ini objek wisata Punggu Alas masih perlu peningkatan sarana prasarana seperti akses jalan dan jaringan telekomunikasi. Apalagi akses jalan menuju ke lokasi bisa dikatakan cukup sulit dijangkau mengingat hanya bisa dilewati dengan transportasi air,” ucapnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapi) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, tidak hanya permasalahan akses menuju lokasi dan tidak adanya jaringan telekomunikasi, masalah tempat menginap juga sangat terbatas.

“Untuk tempat menginap bisa dikatakan sangat terbatas. Memang disana menyuguhkan suasana yang benar – benar alami. Mengingat di objek wisata Punggu Alas merupakan kawasan perlindungan OrangUtan liar dan banyak kehidupan di dalamnya yang belum terjamah oleh manusia, sehingga objek wisata Punggu Alas kerap dijadikan kawasan penelitian oleh mahasiswa dari luar negeri,” ujarnya.

Selain itu, dalam rangka pengembangan potensi wisata, perlu adanya perhatian dalam berbagai aspek sehingga potensi tersebut dapat tergali secara optimal, seperti keberadaan akses jaringan telekomunikasi dan internet.

“Keberadaan jaringan internet dan telekomunikasi tentu sangat diperlukan, apalagi mahasiswa sedang melakukan penelitian di objek wisata Punggu Alas selama ini harus keluar dari kawasan tersebut hanya untuk mencari akses internet dalam menyelesaikan penelitiannya. Oleh karena itu, kita berharap agar hal ini bisa mendapat perhatian dari pemerintah,” pungkas politisi dari Fraksi PDI Perjuangan ini. (rul/abe)

DMCA.com Protection Status