Dewan Murung Raya Harapkan GSRA BPN Perkuat Ekonomi Lokal

Dewan Murung Raya
Ketua Komisi II DPRD Murung Raya, Heriyus M Yoseph SE (kiri) saat bersama salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Tanah Siang. Foto: Yudi

PURUK CAHU – Kalangan DPRD Murung Raya (Mura), khususnya Komisi II berharap, kegiatan Gerakan Sinergi Reforma Agraria (GSRA) digelar pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) dapat memperkuat ekonomi masyarakat lokal. Hal ini disampaikan Ketua Komisi II DPRD Murung Raya Heriyus M Yoseph SE di ruang kerjanya, belum lama ini.

Menurutnya, seperti beberapa tujuan dari GSFA ini yang diharapkan, dapat lebih ditekankan adalah guna memperkuat ekonomi lokal. Sehingga pengembangan di daerah perdesaan, khususnya dapat lebih menikmati program kegiatan ini.

“Seperti kita ketahui tujuannya salah satunya untuk mensejahterakan masyarakat pedesaan, sehingga seluruh stakeholder terkait perlu lebih bersinergi atas program ini. Dana DPRD tentu sangat mendukung hal ini dan mendorong pemerintah daerah untuk bersama-sama mensukseskan program BPN kita ini,” kata Heriyus.

Lanjutnya, bahwa program GSFA ini, tentunya dapat meningkatkan akses terhadap layanan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan. Juga membangun infrastruktur yang mendukung pertanian dan kehidupan perdesaan.

“Selain aspek ekonomi, reforma agraria, juga bertujuan untuk mencapai keadilan sosial dengan mengoreksi ketidaksetaraan dalam kepemilikan tanah dan memberikan hak yang sama kepada semua orang. Yakni untuk mengakses dan mengelola sumber daya alam secara adil,” tambah Politisi PDI Perjuangan ini lagi.

Penting untuk dicatat, bahwa implementasi reforma agraria seringkali kompleks dan bisa melibatkan berbagai kepentingan dan tantangan.

“Karena itu, perencanaan matang, konsultasi luas dan dukungan politik yang kuat seringkali diperlukan untuk berhasil mewujudkan tujuan-tujuan ini,” pungkasnya. (udi/abe)

Exit mobile version