fbpx

Tidak Hanya Orang Tua, Anak Usia 10 Tahun juga Wajib Gunakan Helm saat Berkendara

Tidak Hanya Orang Tua, Anak Usia 10 Tahun Wajib Gunakan Helm Saat Berkendara
IMBAUAN: Kasatlantas Polresta Palangka Raya, AKP Rikky Operiady mengingatkan masyarakat akan pentingya penggunaan helm saat berkendara di jalan raya. (FOTO: IST).

PALANGKA RAYA – Kesadaran masyarakat, khususnya pengguna sepeda motor untuk gunakan Helm saat berkendara di Kota Palangka Raya masih tergolong rendah. Khususnya pada penggunaan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Hal ini diungkapkan Kapolresta Palangka Raya, Kombes Dwi Tunggal Jaladri melalui Kasat Lantas, AKP Rikky Operiady terkait kepatuhan dan kesadaran masyarakan akan keselamatan berlalulintas. Salah satunya penggunaan Helm SNI.

Dikatakannya, sejauh ini masih banyak ditemukan masyarakat pengendara sepeda motor yang lalai atau mengabaikan pentingnya penggunaan Helm saat berkendara di jalan raya. Dalam sejumlah kasus kecelakaan, tidak jarak pengendara yang tidak menggunakan helm mengalami cidera berat hingga kematian karena tidak menggunakan helm.

“Masyarakat harus menyadari pentingnya untuk gunakan helm, khususnya SNI untuk keselamatan saat berlalulintas” jelas Rikky, Rabu (7/7/2021).

Terkait penggunaan Helm berstandar SNI, dikatakannya juga bahwa masyarakat juga harus mematuhi ketentuan tersebut. termasyk agar tidak lupa meng klik tali helm pengaman kepada tersebut.

“Pengguna helm juga wajib mengancing helmnya saat digunakan. Ini berkaitan erat dengan keselamatan” sebutnya.

Tidak hanya diwajibkan bagi pengendara orang tua atau dewasa. Dia juga mengatakan bahwa remaja hingga anak-anak juga wajib menggunakan helm saat berkendara. Semua ketentuan tersebut, dikatakannya tidak lain untuk memberi rasa aman dan keselamatan baik pengendara maupun penumpang sepeda motor.

“Karena helm menjadi alat pelindung utama untuk menjaga keselamatan saat berkendara. Anak-anak juga wajib memakai helm” jelas pria kelahiran Aceh ini.

Penggunaan Helm untuk anak-anak sendiri, dikatakannya wajib bagi anak berusia 10 tahun keatas. “Kita mengimbau kepada semua orang tua untuk selalu mengajari anak-anaknya untuk memakai helm pada saat bepergian” ungkapnya.

Dikatakan Rikky, pihaknya juga mengharapkan dengan memberi imbauan kepatuhan menggunakan helm kepada masyarakat, maka masyarakat juga dapat memahami dan mengerti pentingnya penggunaan helm SNI. Selain mewujudkan tertib dalam berkendara, juga menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

“Imbauan keselamatan berlalulintas seperti ini terus kami lakukan demi keselamatan para pengendara saat berada di jalan raya” tandasnya. (ard/bud)

DMCA.com Protection Status