fbpx

Dukung Wacana Pemekaran Kecamatan Mantangai

pemekaran
WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Darwandie, saat diwawancarai awak media, belum lama ini. FOTO:ADI.

KUALA KAPUAS – Upaya percepatan pembangunan diwilayah Kecamatan Mantangai, ada wacana pemekaran yang telah lama digaungkan. Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Darwandie, pun mendukung percepatan wacana tersebut.

Darwandie yang merupakan Anggota DPRD daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Mantangai tersebut, menjelaskan sesuai dengan aspirasi masyarakat, dan berdasarkan luasan wilayah Kecamatan Mantangai, yang cukup besar dan memiliki jumlah desa yang terbanyak, Kecamatan mantangai itu layaknya dibagi tiga Kecamatan.

“Saya mendukung dan mendorong wacana pemekaran wilayah Kecamatan Mantangai. Dan Pemda sendiri juga memiliki komitmen yang sama dengan DPRD agar hal segera dilaksanakan. Selayaknya kecamatan mantangai itu dibagi 3 kecamatan. Kecamatan induk Mantangai sendiri, Kecamatan Darung Bawan, dan Kecamatan Lamunti Permai,” ujar Darwandie kepada awak media, belum lama ini.

Politisi PPP ini berharap, jika semuanya lengkap secara berkas, syarat formal sudah mencukupi maka tinggal dibuatkan rancangan peraturan daerahnya atau raperda.

“DPRD Kabupaten Kapuas sudah menunggu hal ini. Jika perlu, bersamaan dengan pemekaran desa yang sudah padat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Camat Mantangai, Yubderi, mengakui adanya proses pemekaran tersebut dan prosesnya mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas, dan DPRD Kabupaten Kapuas.

Diungkapkannya, baru-baru ini digelar rapat terkait penyelesaian tata batas desa, dan sebagai syarat administratif pemekaran kecamatan.

“Kecamatan Darung Bawan nanti ada 10 desa, dan ibu kota kecamatan di Bukit Batu, diharapkan semua proses berjalan lancar,” ungkap Yubderi. (adi/jun/cen)

DMCA.com Protection Status