fbpx

Wakil Bupati Katingan Ini Ajak ASN Punguti Sampah di Jalanan

wakil bupati katingan
PUNGUTI SAMPAH: Wakil Bupati Katingan Sunardi N T Litang didampingi Kepala DLH Hap Baperdo beserta puluhan ASN membersihkan sampah di Jalan Tjilik Riwut, Jumat, (24/06/2021) pagi. FOTO: PROTOKOL SETDA KATINGAN.

KASONGAN – Wakil Bupati (Wabup) Katingan, Sunardi N T Litang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Hap Baperdo beserta puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) membersihkan sampah di Jalan Tjilik Riwut, Jumat, (24/06/2021) pagi.

Kerja bakti membersihkan sampah di jalan ini, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Aksi bersih-bersih sampah di bahu jalan ini, dilakukan dengan berjalan kaki dimulai dari Jalan Tjilik Riwut tepatnya pertigaan Jalan Soekarno-Hatta Kasongan.

Rombongan kemudian bergerak menuju arah Jembatan Sungai Sala dan dilanjutkan hingga depan Taman Hijau Kasongan serta muara masuk Kantor Bupati Katingan.

Para ASN yang terlibat pada aksi bersih-bersih pungut sampah, ini dilengkapi dengan kantung plastik dan tong sampah.

Sampah-sampah itu kemudian dimasukkan ke dalam truk pengangkut sampah oleh petugas, untuk kemudian dibuang ke tempat penampungan akhir (TPA) di Jalan Soekarno-Hatta.

Pada kesematan itu, Wakil Bupati Katingan mengatakan jika aksi bersih-bersih ini dilaksanakan tidak hanya memperingati Hari Lingkungan Hidup saja oleh para ASN maupun warga masyarakat umumnya.

“Namun kegeiatan seperti ini harus dilakukan secara terus menerus, misalnya setiap pagi Jumat. Untuk itu, saya meminta kepada pihak DLH agar menjadwalkan kembali kegiatan Jumat Bersih, Indah dan Nyaman atau Jumat Beriman bagi ASN,” imbuhnya.

Sunardi juga mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, akan pentingnya kebersihan ingkungan. Dia pengajak semua, unuk selalu menjaga kebersihan di tempat masing-masing.

“Ini sebagai salah satu upaya menghidari dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor,” imbuhnya.

Sementara Kepala DLH Katingan juga mengimbau masyarakat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Termasuk sampah rumah tangga, hendaknya dibuang pada tempat yang telah disediakan oleh pemerintah seperti TPS.

“Biasakan untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan,” imbau Hap. (ndi)

DMCA.com Protection Status