fbpx

Optimis Desa Kanamit Barat Berprestasi Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi

lomba desa
LOMBA: Kepala DPMD Pulang Pisau Hj Deni Widanarni, berbincang dengan Kepala Dinas PUPR Pulang Pisau, Usis I Sangkai, disela-sela acara penilaian lomba desa Desa di Kanamit Barat, Jumat (25/6/2021). FOTO:UNG.

PULANG PISAU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Hj Deni Widanarni, optimis Desa Kanamit Barat, Kecamatan Maliku dapat meraih predikat pada lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021.

Ia mengatakan, Desa Kanamit pada lomba desa dan kelurahan memenuhi kriteria sebagai syarat keikutsertaan yang menjadi ajang tahunan itu.

“DPMD selalu leading sektor pelaksana Pembina dengan dibantu OPD terkait, mulai Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, Dinas PUPR, TP.PKK Kabupaten Pulang Pisau selalu mensupport dengan mempersiapkan dengan baik Desa Kanamit Barat. Khususnya Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kalimantan Tengah ini di bidang kelembagaan dan kerja sama. Kita optimis, Desa Kanamit Barat bisa meraih prestasi terbaik,” kata Hj Deni Widanarni, Jumat (25/6/2021).

Ia mengatakan, tujuan dari lomba desa dan kelurahan untuk mendorong pemerintah desa dan kelurahan untuk menemukan, mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada diwilayahnya.

Selain itu, juga dalam rangka usaha pembangunan yang dilaksanakan masyarakat desa dan kelurahan atas dasar tekad dan kekuatan dan mengetahui kinerja serta pembangunan selama kurun dua tahun terakhir.

“Selain itu, juga dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat, mulai dari aspek penyelenggara pemerintah, pembangunan kewilayahan serta pembangunan kemasyarakatan,” kata Hj Deni Widanarni.

Lanjutnya, penilaian lomba desa dan kelurahan merupakan evaluasi tahunan untuk menilai sejauh mana pemerintah dan masyarakat desa dalam mengevaluasi diri yang berpedoman pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evakuasi pembangunan desa, yakni bidang kewilayahan, pemerintah dan masyarakat.

“Berdasarkan hasil evaluasi, Desa Kanamit Barat termasuk dalam kategori  berkembang dan berdasarkan Permendagri 13 tahun 2007 tentang Pendayagunaan Profil Desa Termasuk Katagori  Desa Swakarya,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, ucapan terima kasih kepada OPD terkait, mulai dari Dinas Kesehatan, DP3AP2KB, Dinas PUPR, TP PKK Kabupaten Pulang Pisau yang sudah memberikan dukungannya. Sehingga Desa Kanamit Barat dapat mempersiapkan dengan baik pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2021, dengan harapan dapat meraih hasil terbaik.

“Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada pihak Kecamatan Maliku, yang juga selaku pembina, Kepala Desa Kanamit Barat beserta jajarannya, BPD, TP PKK Desa, Babinkantibmas, Babinsa dan Bidang Kelembagaan lainnya. Khususnya masyarakat Desa Kanamit Barat atas dukungan dan kerja sama dalam mempersiapkan Desa Kanamit Barat sehingga dapat mengikuti lomba desa tingkat Kalteng tahun 2021,” imbuhnya. (ung/abe/cen)

DMCA.com Protection Status