fbpx

Buka Pendaftaran, Ini Keunggulan Program S2 Pendidikan Biologi di UPR

pendidikan biologi
Ilustrasi Kampus UPR.

PALANGKA RAYA – Program Pascasarjana atau strata 2 (S2) Universitas Palangka Raya (UPR) membuka pendaftaran dengan program studi magister pendidikan biologi.

Kepala Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Dr Ir Soaloon Sinaga MSi mengatakan, program magister atau strata 2 ini, merupakan program studi yang memiliki komitmen untuk menghasilkan SDM tenaga pendidik yang profesional, unggul, inovatif, kreatif dan kompetitif.

Doktor yang memiliki keahlian dibidang plant biotechnology ini, menyampaikan sebagai institusi pendidikan yang unggul dan inovatif, pihaknya terus berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berkualitas unggul.

Olehnya, Program Magister Pendidikan Biologi ini, masih membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik (TA) 2021/2022. Saat ini pendaftaran sudah memasuki gelombang ke-3 (tiga) yakni, terhitung sejak 2 Juni sampai 1 September 2021 mendatang.

Adanya kebutuhan pengembangan kompetensi SDM tenaga pendidik di bidang studi Pendidikan Biologi, di atas jenjang Strata Satu (S-1) di wilayah Kalimantan Tengah, melatarbelakangi setiap individu tenaga pendidik untuk meningkatkan kompetensinya masing-masing. Salah satu adalah dengan cara melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Dua (S-2) di bidang Pendidikan Biologi.

“Untuk itu, kami kembali membuka kesempatan seluas-luasnya, untuk masyarakat bisa bergabung dan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru,” ajaknya.

Ia menyebutkan, bahwa Kalimantan Tengah memiliki potensi gambut yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, prodi magister memiliki sejumlah keunggulan. Yakni, adanya mata kuliah unik tentang ekologi gambut.

Dimana, dalam penelitian-penelitiannya lebih mengarah pada penelitian keunggulan di lahan gambut, seperti jenis serangga di gambut, potensi dan jenis ikan di perairan gambut.

Begitu pun dalam kegiatan pembelajarannya, dilakukan dengan cara-cara yang menarik dan sangat mudah dipahami oleh mahasiswa, sehingga ilmu yang didapat bisa dikuasai dan diimplementasikan oleh mahasiswa.

“Kurikulum juga berbasis Outcome Based Education (OBE). Artinya, setiap mata kuliah dan kegiatan belajar mengajar berorientasi kepada bagaimana setiap mahasiswa benar-benar dipersiapkan untuk menjadi SDM yang profesional dan berkompetensi, selaras dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan jaman. Adapun Struktur kurikulum yang disusun, sesuai untuk menunjang kompetensi yang diharapkan, dengan total SKS sebanyak 48 SKS,” jelasnya.

Kembali ia menyebutkan, bahwa tenaga pendidik atau dosen di prodi ini juga terbilang mumpuni, karena merupakan lulusan dari universitas baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

“Setiap Dosen yang mengajar di Prodi Magister Pendidikan Biologi, juga memiliki keahlian dibidangnya masing-masing,” katanya.

Sementara untuk sarana dan prasarana penunjang juga terbilang cukup representatif, diantaranya, ruang kuliah yang memiliki daya tampung hingga 30 orang, dilengkapi alat pendingin dan alat pembelajaran modern.

“Untuk laboratorium milik Prodi Magister Pendidikan Biologi, dengan dilengkapi alat uji yang cukup lengkap,” jelasnya. (rul/cen)

DMCA.com Protection Status