fbpx

Satpol PP Mesti Punya Penyidik PNS yang Mumpuni

satpol pp
Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, M Abadi. FOTO:WIJAYA.

SAMPIT – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), M Abadi, menyatakan pentingnya keberadaan penyidik handal di tubuh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Kalau pemerintah kabupaten mau memperkuat Satpol PP itu harus diisi oleh penyidik-penyidik PNS yang mumpuni, karena dengan begitu langkah-langkah dalam penindakan mereka bisa mengacu kepada aturan dan ketentuan yang ada,” ujar Abadi, Kamis (24/6/2021).

Diungkapkan Abadi, penyidikan ini untuk mempermudah penindakan terhadap pelanggaran terhadap peraturan daerah.

Dijelaskan Abadi, selama Satpol PP Kotawaringin Timur itu tidak diisi oleh kemampuan SDM yang mumpuni, maka selama ini juga pemerintah kabupaten akan terkendala dalam melakukan penegakan perda.

Karena untuk penegakan perda ini lanjutynya, tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, ada beberapa tahapan dan prosedur yang harus dihadapi.

“Satpol PP harus diisi orang yang paham hukum, tentu tidak bisa sembarangan menegakan perda itu apalagi jika tidak ada yang paham, menegakan hukum harus dengan hukum juga. Kalau dalam bertindak di lapangan tidak paham maka rentan terjadi perlawanan  hukum sebaliknya,” tandasnya.

Tapi jika ada PPNS itu, maka mereka akan paham bagaimana proses-proses penindakan yang tidak bertentangan dengan hukum.

Abadi sepakat agar pemerintah daerah kedepannya menambah jumlah penyidik PNS di lingkungan Pemkab Kotim itu. Untuk penguatan sumber daya manusia.

“Lebih baik kita banyak sekolahkan pegawai kita jadi penyidik itu jelas bisa diberdayakan, untuk menghadapi persoalan daerah yang semakin kompleks ini,” pungkasnya.(wij/cen)

DMCA.com Protection Status