fbpx

Data PDRB sebagai Acuan Merumuskan Kebijakan Strategis

Bappedalitbang
MEMBUKA KEGIATAN: Asisten II Setda Gunung Mas Richard FL, membuka kegiatan di Aula Bappedalitbang Gunung Mas, Kamis (24/6/2021). FOTO:NYA.

KUALA KURUN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (​Bappedalitbang) Kabupaten Gunung Mas, membahas potensi dari sejumlah sektor untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Asisten II Setda Kabupaten Gunung Mas, Richard FL, mengatakan sektor perekonomian daerah dapat dilihat dari data produk domestik regional bruto (PDRB).

Lanjutnya, data PDRB memiliki gambaran keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari semua kegiatan perekonomian disemua wilayah. Sehingga, perhitungannya dilakukan dalam periode tahun tertentu. Pada umumnya dalam kurun waktu satu tahun.

“Data PDRB sangat penting dan menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan, sekaligus menjadi cermin dalam merumuskan kebijakan yang bersifat strategis. Maka perlu dilakukan pembahasan dengan instansi terkait, seperi salah satunya sector wisata,” ucap Richard FL, Kamis (24/6/2021).

PDRB pun dapat memberikan gambaran yang akurat dalam wujud angka yang dihasilkan dari perhitungan berdasarkan berbagai pendekatan. Baik pendekatan produksi, pendapatan maupun pengeluaran.

“Dengan begitu dapat kita ketahui seberapa besar nilai tambah yang dihasilkan oleh barang dan jasa. Hal ini juga perlu pendekatan pendapatan, sehingga terungkap berapa besar balas jasa yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang ikut serta dalam proses produksi di wilayah kita,” terangnya.

BACA JUGA : Pemkab Gunung Mas Bahas Perubahan Renstra Perangkat Daerah

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas, Yantrio Aulia, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan itu, untuk  gambaran  dalam   wujud    angka-angka yang dihasilkan dari perhitungan berdasarkan berbagai pendekatan baik pendekatan produksi, pendapatan maupun pengeluaran secara statistik.

“Maka kegiatan yang kita laksanakan ini dari Bidang Perekonomian Setda Gunung Mas, Kesbangpol dan dinas terkait lainnya. Sehingga kedepan dapat menjadi acuan dalam merumuskan kebijakan pemerintah daerah di Kabupaten Gunung Mas ini,” imbuh Kepala ​Bappedalitbang. (nya/abe/cen)

DMCA.com Protection Status