fbpx

Waspadai Iklan di Ponsel, Bisa Jadi Itu Adware Berbahaya Lho!  

ponsel
ilustrasi

PERNAHKAN ada iklan yang tiba-tiba muncul pada layar ponsel? Jika pernah tiba-tiba muncul iklan di ponsel, bisa jadi perangkat terkena adware yang berbahaya. Tidak hanya di ponsel, tapi bisa saja terjadi pada laptop.

Adware sendiri pada dasarnya merupakan sebuh perangkat lunak yang dapat memunculkan iklan dan sering kali terpasang secara tidak sadar.

Bahayanya, iklan terebut merupakan pancingan agar korbannya mengklik link yang ada. Padahal link tersebut bisa saja upaya untuk mendapatkan akses ke dalam perangkat dan data pengguna.

Mengutip unggahan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika di Instagram, yang dilansir sindonews.com, Kamis (17/6/2021) ada beberapa cara agar terhindar dari adware .

Pertama, jangan mengklik iklan atau link yang ada pada sebuh situs, khususnya situs ilegal seperti judi dan juga streaming ilegal.

BACA JUGA : Ini Cara agar Terhindar dari Pembajakan WhatsApp Model Baru

Kedua, gunakan antivirus untuk mengecek kondisi perangkat kalian. Kemudian, coba cek kembali aplikasi yang akan dipasang pada perangkat. Baca dengan jelas informasi dan deskripsi yang tertera.

Jika sudah terkena adware yang dilakukan sebaiknya adalah hapus aplikasi yang mencurigakan dan menyebabkan adware.

Lalu, lakukan factory reset untuk mengembalikan ponsel ke kondisi semula.(cen)

DMCA.com Protection Status