fbpx

Proses Pemakaman Dihebohkan Dugaan Pencurian Tali Pocong

Proses Pemakaman Dihebohkan Dugaan Pencurian Tali Pocong
PEMERIKSAAN: Petugas Satreskrim Polresta Palangka Raya mendatangi lokasi dugaan pencurian tali pocong, Selasa (15/6/2021). (FOTO: ARDO).

PALANGKA RAYA – Peristiwa pencurian tali pocong menghebohkan warga sekitar Jalan Pelatuk, Kota Palangka Raya. Saat proses pemakaman di kompleks TPU Muslim, tali pengikat jenazah sempat hilang yang ternyata berada di tangan seorang warga yang saat itu ikut pemakaman, Selasa (15/6/2021).

Kejadian ini berawal dari warga yang saat itu sedang memakamkan jenazah di Kompleks TPU Muslim, Jalan Tjilik Riwut, Km 2 Palangka Raya. Saat proses pemakaman, tali pengikat jenazah sempat hilang yang ternyata berada di tangan terduga pelaku yang saat itu sedang ikut memakamkan jenazah.

Mengetahui dugaan pencurian tersebut sempat membuat geram keluarga dari jenazah yang dimakamkan. Terduga pelaku sendiri, yaitu inisial HP (38), warga Jalan Sanggabuana II, Kota Palangka Raya.

Berawal saat keluarga memakamkan jenazah almarhum. Saat keluarga memasukan jenazah ke lubang makam dan melepaskan ikatakan tali pocong. Saat bersamaan, diduga pelaku dengan sengaja mengambil tali pocong yang diletakan di samping jenazah.

Aksi pelaku diketahui oleh anak Almarhum yaitu Muzaki (34). Melihat hal tersebut, Muzaki langsung berteriak bahwa pelaku telah mengambil ikatan tali pocong almarhum ayahnya yang akan dimakamkan.

“Saya lihat talinya sudah tidak ada. Saya yakin kalau dia (pelaku, red) mengambil talinya” kata Muzaki.

Sementara menurut penjaga makam, Amsan (31), ia sempat mencurigai seseorang yang tidak dikenal menggunakan kaos hijau menuju acara prosesi pemakaman di TPU. Pada saat prosesi jenazah akan diturunkan ke liang lahat, terjadilah keributan diantara keluarga almarhum dikarenakan terdapat tali pocong yang telah hilang.

“Kita yakin dia (inisial HP, red) pelakunya, dikarenakan diantara keluarga almarhum tidak ada yang mengenal,” kata Amsan.

HP yang sempat kabur membawa tali bekas pocong itu lantas segera disusul dan diamankan oleh pihak keluarga almarhum.

Usai diamankan oleh warga sekitar pemakaman, selanjutnya anak almarhum menggeledah pelaku. Benar saja, ditemukan tali pocong almarhum yang hilang dicelana saku kanan pelaku.

Tidak berselang lama petugas kepolisian dari Polresta Palangka Raya yang mendapat laporan tiba di lokasi kejadian selanjutnya meminta keterangan beberapa saksi.

Pihak kepolisian  kemudian melakukan pemeriksaan terhadap pelaku guna mengetahui kejadian pasti dari peristiwa tersebut.

Sementara itu, Kasatreskrim Polresta Palangka Raya Kompol Todoan Agung menyebutkan peristiwa tersebut telah ditangani oleh pihaknya. Dari hasil penyelidikan, terduga pelaku tidak sengaja membawa tali pocong ke dalam saku celananya.

“Dia tidak dengan sengaja membawa tali yang tercecer di dalam kantongnya, karena pada saat itu HP membantu pemakaman jenazah. Tali pocong tersebut sudah di kembalikan oleh HP ke pihak keluarga yang berduka” jelas Agung.

Agung juga menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan mediasi antara pihak keluarga jenazah dengan HP.

“Telah di sepakati masalah ini di selesaikan secara kekeluargaan” pungkas Agung. (ard/bud)

DMCA.com Protection Status