fbpx

Tanaman Hortikultura Dikembangkan di Kawasan Pertanian yang Strategis

Tanaman hortikultura
Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin. FOTO:IST

PALANGKA RAYA-Tanaman hortikultura akan dikembangkan di Kota Palangka Raya. Hal ini, dikatakan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin. Pengembangan tanaman hortikultura ini  di kawasan strategis.

Ia menuturkan, bahwa Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya pun akan terus mengembangkan berbagai komoditas pangan pada sektor pertanian tersebut.

“Disamping tetap fokus pada budi daya pertanian jenis padi, kami juga mendorong upaya pertanian pada berbagai macam tanaman hortikultura,” ungkap Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, beberapa hari lalu.

Menurutnya, hortikultura memiliki potensi besar dalam mendukung ketahanan pangan. Bahkan memungkinkan menjadi produk komoditas pangan unggulan di Kota Palangka Raya. Namun harus konsisten dalam pengembangan oleh para petani yang ada.

“Iya, kalau  bicara pengembangan pertanian yang hasilnya potensial menjadi komoditas pangan unggulan di Kota Palangka Raya, maka hal itu lebih ke hortikultura,” sebut Fairid Naparin.

Berbagai hasil tanaman hortikultura begitu diminati masyarakat. Terutama hasil tanaman yang sudah banyak dikembangkan di Kelurahan Pahandut, Kalampangan, Tanjung Pinang dan kelurahan yang ada di Kecamatan Bukit Batu.

“Seperti panen buah melon di Kelurahan Tanjung Pinang, dimana produksi pertanian hortikultura itu berlimpah. Bahkan sebagian besar buah melon-nya di pasarkan petani ke Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Fairid.

Berkaca dari itulah kata Fairid, maka kedepan pemko akan lebih memaksimalkan pengembangan hortikultura pada kawasan-kawasan pertanian.

“Sangat memungkinkan pertanian hortikultura ini dilakukan pengembangan secara berkelanjutan pada kawasan strategis, yang sejauh ini sudah menggerakan tanaman hortikultura,” pungkasnya. (ari/abe/cen)

DMCA.com Protection Status