fbpx

Warga Desa Muara Jaan Terima BLT-DD Dampak Covid-19 Tahap I

Warga Desa Muara Jaan Terima BLT-DD Dampak Covid-19 Tahap I
DANA BANTUAN: Proses penyerahan bantuan langsung tunai kepada warga Desa Muara Jaan bagi penerima bantuan dampak Covid-19 yang bersumber dari dana desa di Posko PPKM setempat, Jumat (28/5/2021). (FOTO: UDI).

PURUK CAHU – Sebanyak 35 kepala keluarga (KK) warga Desa Muara Jaan, Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura) menerima dana bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa (BLT-DD) Iahap I terhitung dari bulan Januari hingga Mei 2021. Pelaksanaan ini digelar di Posko PPKM kantor desa setempat, Jumat (28/5/2021).

BLT-DD yang disalurkan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat melalui pemerintah desa bagi warga yang terdampak langsung akibat pandemi covid-19 saat ini.  Bantuan tunai ini sebesar Rp 300 ribu per bulan. Untuk 5 bulan warga penerima mendapatkan sebesar Rp 1,5 juta.

Camat Murung, Fitrianul Fahriman hadir bersama Kapolsek Murung, Iptu Widodo, Danramil 1013/07 Puruk Cahu, Lettu Inf M Sahroni, Kades Muara Jaan, Nanang, bersama Ketua BPD Akhmad Jumadi.

Fitrianul mengatakan data kepala keluarga penerima bantuan tunai ini sudah dihimpun oleh pihak pemerintah desa bersama BPD berdasarkan peraturan yang berlaku dan ketentuan dari petunjuk teknis dan pelaksanaan dari pihak pemerintah pusat.

“Kami berharap bantuan langsung tunai dari dana desa yang diserahkan langsung kepada warga sesuai daftar penerima ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya untuk kebutuhan pokok,” kata Camat Murung saat di wawancarai awak media.

Ditambahkannya lagi bahwa proses distribusi BLT-DD tahap I ini akan disalurkan secara bertahap dan terjadwal di 13 Desa yang ada di Kecamatan Murung.

“Untuk 13 desa di kecamatan kita sudah kita jadwalkan waktu penyerahan bantuan tunai tahap I ini, karena saat ini masih ada beberapa desa yang masih dalam proses administrasi pencairan dana desa tahap I tahun anggaran 2021 ini,” tambah mantan Camat Permata Intan ini lagi.

Sementara Kades Muara, Jaan Nanang menjelaskan pihaknya telah selektif dalam proses pendataan penerima, ditambah lagi untuk jumlah KK telah sesuai dengan instruksi ataupun petunjuk teknis penyaluran BLT-DD dampak covid-19 dari pemerintah pusat.

“Kita sangat selektif dan berhati-hati dalam proses pendataan penerima bantuan. Salah satunya adalah bukan warga yang memiliki penghasilan tetap, bukan berstatus PNS, bukan aparatur desa dan bukan anggota BPD desa, serta bukan karyawan perusahaan,” jelas Nanang.

Nanang juga berharap bantuan yang totalnya mencapai total keseluruhan tahap I sebesar Rp52.500.000,- ini dapat dipergunakan masyarakat penerima untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Ia juga mengimbau kepada warganya untuk tetap mendisiplinkan diri dalam hal penerapan protokol kesehatan saat beraktifitas diluar rumah.

“Kepada warga terus kita sosialisasikan pentingnya prokes, terutama menggunakan masker dan selalu mencuci tangan, agar dampak covid-19 di desa Muara Jaan ini dapat ditekan dan masyarakat bisa lebih produktif lagi,” pungkasnya. (udi/bud)

DMCA.com Protection Status