fbpx

Terjaring Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes Wajib Jalani Swab Ditempat

Terjaring Operasi Yustisi, Pelanggar Prokes Wajib Jalani Swab Ditempat
PEMERIKSAAN: Tim Satgas Covid-19 Palangka Raya dan Satgas PPKM Kecamatan Jekan Raya melakukan swab ditempat bagi pelanggar Prokes, Senin (24/5/2021). (FOTO: ARDO).

PALANGKA RAYA – Pelanggar Protokol Kesehatan (Prokes) diwajibkan jalani Swab covid-19 ditempat, Senin (24/5/2021).

Pelaksanaan swab ditempat tersebut, dilakukan saat operasi yustisi yang digelar Satgas Covid-19 Palangka Raya. Pemeriksaan dilakukan bagi warga yang melintas di Jalan Diponergoro tepat depan Kantor Kecamatan Pahandut.

Operasi yustisi ini menerjunkan tenaga kesehatan yang melakukan swab antigen bagi pelanggar. Kegiatan ini digelar Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya bersama Satgas PPKM Kecamatan Jekan Raya.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Palangka Raya Emy Abriyani memimpin jalannya operasi yustisi. Dikatakannya, salah satu sasaran utama adalah menyadarkan masyarakat tentang arti pentingnya menerapkan 3M. Masyarakat Kota Cantik harus menjadikan masker sebagai kebutuhan di masa Pandemi Covid-19 yang belum usai hingga kini.

“Selain operasi yustisi, kegiatan ini juga disertai jalani swab antigen terhadap 38 warga yang tidak taat protokol kesehatan” ungkapnya.

Hasil dari pemeriksaan ini sendiri, dikatakan Emi semua hasil tes dinyatakan negatif. Meski demikiqn pihaknya akan tetap memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami akan terus melakukan pengecekan atau test kepada warga Kota Palangka Raya. Akan berkelanjutan dan terus bergerak,” jelas wanita yang juga menjabat Ketua BPBD Kota Palangka Raya ini.

BERITA TERKAIT: Pengelola Cafe O2 Food Market dan Panitia Dance Berstatus Terperiksa

Emi juga menambahkan, selain di dalam kota, di perbatasan kota yakni di Kecamatan Bukit Batu juga akan dilakukan rapid test bagi warga luar kota yang hendak masuk ke arah Kota Palangka Raya.

“Akan terus diupayakan dan menekankan agar masyarakat disiplin prokes,” pungkasnya.

Pelaksanaan Swab antigen secara mendadak ini sempat dibuat heboh dengan penolak seorang wanita yang tidak mau di swab. Bahkan, wanita tersebut sempat menangis karena takut di swab.

Meski sempat menolak, setelah dibujuk dan dilakukan pendekatan oleh petugas, wanita tersebut akhirnya bersedia menjalani swab. (ard/bud)

DMCA.com Protection Status